Waspadai Siklon Kenanga Berdampak Gelombang Tinggi

ilustrasi -Dok: CDN

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat, untuk mewaspadai terjadinya gelombang tinggi. Dampak dari siklon tropis Kenanga, wilayah Samudra Hindia barat daya Bengkulu berpotensi mengalami gelombang tinggi.

Siklon tropis Kenanga terpantau BMKG, tumbuh pada Sabtu (15/12/2018), bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan tujuh knots (13 km/jam), dengan tekanan terendah 990 mb dan kekuatan 50 knots (95 km/jam). Siklon tropis Kenanga, berdampak terhadap peningkatan tinggi gelombang laut, yang bisa mencapai 2,5 meter hingga empat meter di sejumlah wilayah.

Wilayah yang berpotensi, seperti perairan barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano, Samudra Hindia barat Mentawai hingga selatan Banten, Laut Natuna Utara. Gelombang laut dengan ketinggian 4-6 meter diperkirakan terjadi di perairan barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano, Samudra Hindia barat Mentawai hingga selatan Banten, Laut Natuna Utara.

BMKG memantau pertumbuhan siklon tropis Kenanga pada Sabtu (15/12/2018) pukul 19.00 WIB di wilayah Samudra Hindia barat daya Bengkulu, pada posisi 8,7 Lintang Selatan, 92,0 Bujur Timur. Lokasinya berada sekira 1.240 kilometer di sebelah barat daya Kerinci. Siklon bergerak ke timur tenggara, dengan kecepatan enam knots (11 km/jam) dan kekuatannya 35 knots (65 km/jam). (Ant)

Lihat juga...