1.830 Personel Satpol PP DKI Amankan Malam Pergantian Tahun

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

182
Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Yani Wahyu Purwoko. Foto: Lina Fitria

JAKARTA — Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Yani Wahyu Purwoko mengatakan, pihaknya menyiagakan 1.830 petugas untuk membantu menjaga keamanan pada perayaan tahun baru 2019. Anggota disebar ke semua lokasi wisata yang ada di wilayah tersebut.

“Untuk pengamanan pergantian malam tahun baru kami mengerahkan 1.830 personel, sudah termasuk penyidik PNS,” kata Kepala Satpol PP Yani Wahyu Purwoko di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (31/12/2018).

Disebutkan, 300 personel akan berfokus pada pengamanan di sekitar Jalan MH Thamrin. Sedangkan 1.500 lainnya akan berjaga di tempat-tempat wisata yang ramai pengunjung.

Pengerahan seribuan personel Satpol PP dan penyidik PNS ini dilakukan agar perayaan malam tahun baru di beberapa titik di Ibu Kota bisa terlaksana dengan lancar.

Pengerahan personel Satpol PP dan penyidik PNS saat malam pergantian tahun baru ini untuk memastikan tidak akan ada pelanggaran terkait narkoba, asusila, dan perjudian di wilayah DKI Jakarta yang menjadi pusat perayaan tahun baru.

Yani juga mengimbau para PKL yang berjualan di lokasi car free night mengikuti aturan yang berlaku. Dia menuturkan car free night hanya berlaku hingga pukul 01.00 WIB.

Selain itu, Yani mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan aturan kepada para pedagang kaki lima (PKL) atau juga disebut pedagang kaki mandiri (PKM) yang ingin menjajahkan dagangannya di tengah malam pergantian tahun tersebut.

“Terhadap pedagang kecil mandiri ini memang justru pada malam tahun baru ini menjadi andalan mereka untuk mengais rezeki. Tentunya tidak boleh menghilangkan aturan. Aturan tetap kita akan tegakkan,” jelas Yani.

Dalam hal ini, yang dimaksud titik tersebut ialah tentang tempat berjualan yang dilarang di dalam area acara. Namun, pihak Satpol PP akan mengarahkan tempat berdagang diluar area yang tentunya juga ramai akan masyarakat yang berdatangan.

Menyambut malam tahun baru 2019, Pemprov DKI menggelar sejumlah panggung hiburan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Panggung utama berada di Bundaran Hotel Indonesia.

Selain itu, Pemprov DKI juga menggelar acara nikah massal dan isbat nikah, doa bersama, serta bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca Juga
Lihat juga...