hut

2019, Balikpapan Andalkan Tiga Destinasi Wisata

Editor: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Tiga destinasi wisata menjadi andalan Kota Balikpapan di tahun 2019 ini. Tiga destinasi itu yaitu pantai Manggar Segara Sari, Mangrove Center, dan Pasar Inpres Kebun Sayur.

Sepanjang tahun ini ditargetkan kunjungan wisatawan ke kota bertajuk Madinatul Iman ini mencapai 2,9 juta orang. Dari jumlah itu ditargetkan 51 ribu pengunjung berasal dari turis mancanegara.

“Kenapa jadi andalan karena di tiga destinasi itu, setiap turis yang datang pasti berkunjung ke Mangrove Center dan pantai Manggar. Kemudian untuk membeli cinderamata atau oleh-oleh mereka mengunjungi langsung Pasar Inpres Kebun Sayur,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Oemy Facessly, Rabu (23/1/2019).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Oemy Facessly – Foto: Ferry Cahyanti

Untuk mencapai target kunjungan wisatawan dikatakannya, obyek wisata lainnya juga mulai diperkenalkan yaitu Kampung Warna Warni Teluk Seribu di Balikpapan Timur. Kampung warna-warni Teluk Seribu hadir sejak setahun terakhir dan fasilitas yang tersedia juga terus dilengkapi.

“Seperti Kampung Warna Warni Teluk Seribu di Balikpapan Timur dan ada juga destinasi wisata baru yang akan kami kenalkan. Tunggu saja tanggal mainnya,” sebut perempuan asal Malang ini.

Untuk itu, Oemy optimis, target kunjungan wisatawan itu dapat tercapai karena destinasi andalannya juga akan bertambah, dan kerja sama yang dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam mempromosikan destinasi wisata juga terus ditingkatkan.

“Kami kerja sama dengan OPD yang lain, bersinergi untuk menarik event regional, nasional dan internasional di kota Balikpapan,” ucapnya.

Selain itu, bentuk promosi lainnya juga dilakukan untuk mendongkrak pariwisata kota Balikpapan.

“Berbagai promosi juga dilakukan dengan komunitas-komunitas yang ada,” imbuh Oemy.

Lihat juga...