40 Perguruan Silat Ramaikan Milad I Sanggar GBK

Editor: Koko Triarko

672

BEKASI – Milad I sanggar bela diri tradisional pencak silat Betawi Godotan Baba Kacong, diisi dengan tampilan 40 perguruan silat di Kota Bekasi, Jawa Barat. Melalui giat tersebut, menjadi ajang silaturahmi kalangan pendekar silat dalam memajukan seni budaya warisan leluhur.

“Milad pertama sanggar bela diri tradisional Betawi, sebagai ajang silaturahmi, dalam menjaga budaya warisan leluhur untuk terus berkembang,”kata pembina Sanggar Bela Diri Godotan Baba Kacong, Baba Ncek Prabu, Minggu (13/1/2019).

Pembina Sanggar Bela Diri Tradisional Pencak Silat Betawi, Baba Ncek Prabu Angkasa. -Foto: M Amin

Dikatakan, terlaksananya milad perdana Sanggar Godotan, atas dukungan paguyuban sanggar yang ada di Kecamatan Jatiasih, beserta komunitas dan ormas pencinta seni budaya dalam memajukan budaya lokal.

Baba Ncek, mengakui, Sanggar Godotan selama ini fokus dalam membangkitkan seni tradisi silat tradisional Betawi Bekasi, yang sudah hampir punah. Godotan adalah nama tersendiri, dalam arti silat sejak zaman Belanda.

“Godotan Baba Kacong adalah satu ciri khas Jatiasih sejak zaman Belanda. Berbagai seni budaya Betawi dilestarikan, seperti tradisi palang pintu dan seni Betawi lainnya,” tandas Ncek Prabu.

Dia pun mengimbau kepada warga di Kecamatan Jatiasih yang memiliki anak usia sekolah dasar, SMP atau SMA, untuk didaftarkan di berbagai sanggar silat seni budaya.

“Silat tidak untuk gagahan, tetapi lebih kepada menjaga seni tradisi. Sehingga tertanam sejak dini untuk mencintai seni budaya sendiri, dan berbagai perguruan silat cukup menjamur khusus di Jatiasih,” katanya.

Ketua Pagetan Budaya Silat Betawi Kecamatan Jatiasih, Bang Beceng, mengharapkan peran serta pemerintah dalam memajukan dan membina pelestarian budaya di Kota Bekasi. Terutama, seni tradisi silat yang cukup beragam.

“Pemerintah Kota Bekasi, ke depan harusnya bisa memfasilitasi untuk kemajuan seni yang ada di daerahnya. Tanpa campur tangan pemerintah, bagaimana seni budaya bisa bertahan?” ujar Ketua RT 08, Kelurahan Jatiasi, ini.

Baca Juga
Lihat juga...