Ahli: Gizi Seimbang Cegah Stunting

Editor: Koko Triarko

290
Dian Permata Sari, M. Gizi, SpGK., ahli Gizi RSUD Tangerang Selatan -Foto: M Amin

BEKASI – Ahli Gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang Selatan, Dian Permata Sari, M. Gizi, SpGK, menggugah kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi gizi seimbang, agar anak Indonesia bebas gizi ganda atau stunting, yakni tinggi anak lebih pendek dari usianya.

“Hari ini, kita memperingati hari Gizi Nasional ke-59. Temanya membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi. Saya hadir di sini, untuk memberikan pengetahuan terkait gizi seimbang, agar meraih prestasi gemilang,” ujarnya, usai mengisi giat program membina ekonomi keluarga sejahtera (Mekaar) di Bekasi, Jumat (25/1/2019).

Dengan gizi seimbang, maka akan mencegah stunting yang masih banyak terjadi di Indonesia. Kesadaran akan perlunya mengkonsumsi gizi seimbang, juga harus dibangun dari sekarang, agar generasi bangsa ke depan lebih cerdas lagi.

Pentingnya menjaga keseimbang gizi, untuk menuju prestasi gemilang. Maka, sangat penting di pahami oleh Ibu rumah tangga dan anak-anak. Begitu pun anak kost, harus mengetahui gizi seimbang, karena tidak harus mahal, tetapi memahami kebutuhan makanan.

“Gizi seimbang itu tidak harus mahal, dalam satu porsi makanan itu itu harus protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Hal tersebut tentu bisa disiasati dengan mengetahui sumber gizi itu sendiri,”tandas Dian.

Menurut Dian, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, maka gizi juga harus mendapat perhatian. Hal lain adalah setiap keluarga harus memahami betapa penting asupan gizi, baik bagi diri sendiri atau pun anaknya.

Dalam kesempatan itu, Dian membagikan tips, saat musim hujan seperti sekarang di wilayah Jabodetabek, mengkonsumsi gizi seimbang ditambah perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran,  selanjutnya banyak istrahat, agar tidak terlalu capek.

Lihat juga...