hut

Angkut 2.300 Ton Sampah per-Hari, Pemkab Tangerang Terkendala Armada

Ilustrasi - Dok CDN

TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mengakui adanya kendala dalam kegiatan mengangkut sampah. Setiap hari, sekira  2.300 ton sampah harus diangkat ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Jatiwaringin, Kecamatan Mauk.

“Armada angkutan yang tersedia 190 unit, itu pun banyak yang rusak dan perlu diperbaiki,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Syaifullah, Senin (14/1/2019).

Dari jumlah armada yang tersedia, yang dianggap layak untuk mengangkut sampah hanya sekira 80 persen. Ada armada yang sedang dalam proses perbaikan, namun ada juga yang rusak total, sehingga tidak dapat lagi dipergunakan lagi. Armada sampah yang rusak, bila diperbaiki memerlukan dana yang relatif besar, maka dikembalikan kepada bagian aset untuk didata.

Selain keterbatasan armada, Pemkot Tangerang juga menyesalkan, masih kurangnya kesadaran warga, untuk membuang sampah pada tempatnya. Dampaknya, sampah banyak berserakan di sisi-sisi jalan. Hal tersebut membuat petugas kesulitan untuk mengumpulkan sampah, sehingga memerlukan waktu lama untuk membuang ke TPA.

Kabupaten Tangerang setiap hari memproduksi sekira 2.300 ton tersebar. Jumlah tersebut akumulasi produksi dari 29 kecamatan dan 342 desa atau kelurahan di daerah tersebut. Produksi sampah didominasi rumah tangga dan pasar tradisional. Sampahnya berupa plastik serta bahan yang tidak dapat diurai lainnya. Pemerintah setempat telah berupaya untuk mengatasi dengan membangun Tempat Penampungan dan Pemilahan Sampah Terpadu (TP2ST) di 18 kecamatan, namun upaya tersebut belum maksimal.

Pemkot Tangerang juga berupaya membuat program bank sampah di 2019. Harapannya, warga mau mengumpulkan, memilah, kemudian menyerahkan sampah kepada petugas di setiap desa. Program bank sampah sangat bermanfaat karena warga yang membuang sampah akan mendapat uang atau sembako. Hal itu bertujuan, agar tidak membuang sampah sembarangan dan membuat lingkungan menjadi bersih. (Ant)

Lihat juga...