Balikpapan Masih Rentan Penyakit Measles dan Rubella

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

235
Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Balerina JPP. Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN — Hingga kini Balikpapan masih rentan terhadap penyakit Measles dan Rubella (MR), menyusul angka pencapaian pelaksanaan imunisasi sepanjang 2018 hanya 82,93 persen.

Dengan belum dicapainya angka 95 persen terhadap imunisasi MR, maka Dinas Kesehatan Kota Balikpapan menyebutkan masih rentan terhadap penyakit tersebut.

“Baru mencapai 83 persen artinya masih rentan. Measles kan campak, sedangkan rubella seperti campak, gejalanya hampir sama timbul merah-merah di bagian belakang badan. Tetapi masalah bukan pada penyakitnya, memang campak juga bisa menyebabkan kematian,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Ballerina JPP saat ditemui Jumat, (25/1/2019).

Menurut Ballerina, rubella juga sering terkena pada anak, remaja, sudah menikah ataupun ibu hamil. Apabila terkena penyakit tersebut pada ibu hamil juga akan mempengaruhi bayi yang dikandung.

“Rubella juga sering terjadi pada anak, remaja, sudah menikah dan ibu hamil. Tapi kalau perlindungan kita 95 persen, itu bisa kita katakan MR di Balikpapan bebas,” tegasnya.

Berdasarkan data dari Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, pada tahun 2016 terdapat 26 kasus campak dan Rubella di Kota Balikpapan. Sedangkan tahun 2017 mencapai 127 kasus.

Karena itu, pihaknya masih membuka imunisasi MR di sejumlah Puskesmas. “Anak-anak yang belum imunisasi bisa datangi ke puskesmas karena masih dilayani. Silahkan saja ke puskesmas, tapi kalau kita mau sosialisasi itu sudah tidak, terakhir sosialisasi pada 31 Desember 2018,” imbuh Ballerina.

Lihat juga...