Banana Nuggets, Olahan Pisang Aneka Rasa

Editor: Koko Triarko

406

BALIKPAPAN – Jajajan dengan bahan utama buah pisang, kini menjamur di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Jika sebelumnya masyarakat setempat hanya mengenal sanggar (pisang goreng) dan pisang gapit, kini pilihan makanan berbahan pisang semakin variatif. 

Namun yang paling fenomenal saat ini adalah banana nugget crispy alias pisang goreng kering. Olahan dengan bahan utama buah pisang ini dengan mudah bisa dijumpai di Kota Balikpapan.

Alin, penggemar banana nuggets -Foto: Ferry Cahyanti

Dibanding sanggar atau pisang gapit, pisang nugget lebih kaya rasa. Ada pisang rasa alpukat, green tea, cheese, strawberry, cokelat, atau kombinasi rasa yang ada. “Saya suka pisang nugget, karena bisa pilih rasa sesuai selera,” kata Alin (13).

Untuk mendapatkan rasa alpukat, green tea, cokelat dan korea, Alin harus menyiapkan uang Rp15 ribu. “Memang agak lebih mahal dari pisang goreng biasa, tapi rasanya lebih enak,” kata dia, Sabtu (12/1/2019).

Penjual banana nugget crispy, Fitri, mengatakan ada tiga varian yang bisa dipilih konsumen. “Bisa beli harga Rp10 ribu, Rp15 ribu dan Rp20 ribu,” ujar Fitri.

Bedanya hanya soal varian. Untuk harga Rp10 ribu, pembeli hanya bisa memperoleh dua varian rasa, cokelat dan keju. Sedangkan paket di atasnya, konsumen bisa memilih 4 varian. Dan paket termahal, Rp20 ribu. Jua bisa memilih 6 varian. Satu paket berisi 6 sampai delapan biji pisang goreng.

Lalu dari manakah berbagai rasa itu berasal?

Aneka rasa pisang goreng kering berasal dari selai yang dioleskan di atas pisang yang digoreng tepung. Padu padan selai itulah yang membedakan jajanan ini dengan olahan berbahan pisang lainnya.

Jika Anda penasaran dengan jajanan ini, dan tak bisa membeli, saat ini sudah banyak tersedia resepnya.

Baca Juga
Lihat juga...