Bangka Tengah Targetkan Seluruh Desa Budidaya Bawang Merah

KOBA — Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh menargetkan seluruh desa di daerah itu membudidayakan tanaman hortikultura jenis bawang merah.

“Sekarang sudah rata-rata desa membudidayakan bawang merah, target kami seluruh desa,” kata Ibnu Saleh di Koba, Rabu (30/1/2019).

Pemerintah daerah terus mendorong masyarakat mengembangkan tanaman hortikultura jenis bawang merah dan cabai merah karena dinilai memiliki nilai ekonomis dan mampu menekan inflasi.

“Kami sangat senang kalau ada masyarakat baik perorangan mau pun berkelompok membudidayakan bawang merah karena hasilnya sangat menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Ia mengatakan, pada 2019 daerah tersebut mulai mendorong masyarakat secara masif membudidayakan komoditas bawang merah untuk menuju Bangka Tengah sebagai daerah sentra bawang merah.

“Kami akan jadikan daerah ini sebagai sentra bawang merah, tentu saja petani harus tekun dan membudidayakan komoditas ini dalam skala luas,” ujarnya.

Ia menambahkan, budidaya tidak hanya pada bawang merah, tetapi para petani di daerah itu juga sudah mulai mengembangkan tanaman cabai merah.

“Baru-baru ini saya menghadiri kegiatan panen raya tanaman cabai milik kelompok tani di Kecamatan Lubuk Besar, produksinya cukup banyak dan ini tentu sangat menjanjikan,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...