Bantuan Korban Tsunami Terus Mengalir di Banten

Petugas BPBD nampak menaikkan bantuan makanan cepat saji ke dalam bak pick up untuk disalurkan kepada warga korban gempa bumi. Foto : Turmuzi

SERANG – Berbagai bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda, khususnya di Pandeglang dan Serang, terus mengalir melalui posko utama logistik yang gudangnya di Gedung Aspirasi Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Serang.

Berbagai bantuan tersebut, antara lain datang dari Forum Komunikasi Pedagang/Petani Sayuran Pangalengan Bandung, yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Provinsi Banten, serta Ikatan Keluarga Alumni Universitas Lampung (IKA Unila Banten), UNICEF, serta berbagai bantuan dari lembaga atau perorangan dari daerah lainnya di Tanah Air.

“Kami memberangkatkan sejumlah relawan untuk menyalurkan bantuan donasi dari para alumni Unila yang ada di Banten, ke lokasi terdampak tsunami di dua titik di Kecamatan Sumur, Pandeglang,” kata Ketua IKA Unila Banten, Agus M Tauchid, di Serang, Selasa (1/1/2019).

Ia mengatakan, bantuan yang disalurkan, antara lain berupa mi instan, selimut, biskuit, roti, sarung, dan air mineral, untuk meringankan para pengungsi korban tsunami yang selamat di daerah tersebut.

“Langsung disalurkan ke warga pengungsi melalui aparat desa dan ketua RT setempat. Alhamdulillah, bantuan yang kami salurkan ke daerah yang belum tersentuh oleh para relawan,” kata Agus.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari kepedulian sebagai warga Banten yang dahulu kuliah di Lampung.

“Semoga bantuan yang kami salurkan bisa bermanfaat, walaupun belum maksimal. Kami masih terus mengadakan penggalangan dana untuk para alumni Unila, bila masih ada yang mau nyumbang,” kata Agus M Tauchid, yang juga Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten itu.

Bantuan juga diserahkan oleh Forum Komunikasi Pedagang/Petani Sayuran Pangalengan Kabupaten Bandung, hasil kerja sama dengan Dinas Pertanian Provinsi Banten untuk para korban bencana itu.

Bantuan diserahkan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M Tauchid, melalui Koordinator Posko Utama Logistik Banten, Opar Sohari, kepada pengelola dapur umum di Posko Sumur, Tanjung Lesung, Labuan, dan Tahura di Carita.

Sebelumnya, penyerahan secara simbolis bantuan tersebut dilakukan di Pandeglang dari perwakilan Forum Komunikasi Pedagang/Petani Sayuran Pangalengan, Amar kepada Kepala Dinas Pertanian Banten Agus M Tauchid yang mewakili Pemprov Banten.

Kepala Posko Utama Logistik Banten untuk Korban Bencana Tsunami, Opar Sohari, mengatakan semua bantuan yang terkumpul di posko itu disalurkan terus-menerus oleh petugas sesuai kebutuhan 29 posko lapangan, yang dibentuk OPD Provinsi Banten di lokasi bencana di Pandeglang dan Serang.

“Bantuan terus kita salurkan ke 29 posko sesuai permintaan dari posko yang ada di lokasi pengungsian. Kita siap melayani 24 jam di gudang logistik ini,” kata dia. (Ant)

Lihat juga...