Bantuan Sapi Titiek Soeharto, Pacu Warga Bantul Jadi Peternak

Editor: Satmoko Budi Santoso

653

YOGYAKARTA – Usaha peternakan di Kelompok Ternak Ngremboko, Desa Srunggan, Imogiri, Bantul, sejak beberapa tahun terakhir berkembang pesat.

Semakin banyak warga yang tertarik menjadi peternak dan bergabung dengan kelompok ternak. Hal itu seiring semakin berkembangnya usaha maupun meningkatnya kesejahteraan para peternak di desa yang terletak di sisi selatan Bantul ini.

Ketua Kelompok Ternak Ngremboko, Mujiono Mugiharto, mengatakan, pada awalnya, sekitar tahun 2017 lalu, jumlah kelompok ternak di dusunnya hanya berkisar 30 orang warga saja. Namun, saat ini, jumlah anggota kelompok ternak itu telah bertambah, mencapai 45 orang anggota.

Hal itu tidak terlepas dari adanya bantuan program ternak sapi dari Siti Hediati Hariyadi atau akrab pula disapaTitiek Soeharto tahun 2017 lalu, yang saat itu masih menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPR RI.

Suasana acara kegiatan Silaturahmi dan Temu Kangen bersama Putri Presiden Kedua RI Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto – Foto Jatmika H Kusmargana

“Awalnya, kita mendapatkan bantuan sapi betina sebanyak 15 ekor. Sekarang sebanyak 10 ekor sapi telah beranak, sehinggga total bertambah menjadi 25 ekor. Ini tentu sangat membantu para peternak di sini. Bahkan membuat warga lain ikut tertarik untuk beternak, dan bergabung dengan kelompok ternak,” ujar Mujiono Mugiharto, saat kegiatan silaturahmi dan temu kangen bersama Putri Presiden Kedua RI, Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto, Senin (7/2/2018).

Mujiono mengatakan, berkembangnya usaha ternak di kelompok ternak Ngremboko, telah banyak membantu perekonomian warga masyarakat. Sebab, adanya sejumlah ternak tersebut dapat menjadi solusi bagi warga yakni sebagai simpanan atau tabungan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Ketua Kelompok Ternak Ngremboko, Mujiono Mugiharto, menunjukkan sejumlah sapi bantuan Titiek Soeharto yang kini telah beranak pinak – Foto Jatmika H Kusmargana

“Ternak sapi ini sebagai tabungan warga desa di sini. Jika warga membutuhkan biaya untuk sekolah anak atau menggelar hajatan anaknya, bisa dijual. Jadi sangat membantu sekali,” katanya.

Sementara itu, salah seorang peternak Jiyanto, berharap, agar ke depan semakin banyak bantuan yang diberikan kepada masyarakat khususnya peternak, seiring kembali maju Titiek Soeharto sebagai Calon Anggota DPR RI. Semakin banyaknya bantuan ternak itu, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Titiek Soeharto sendiri menegaskan komitmennya untuk terus membantu masyarakat kecil, baik petani, nelayan, maupun peternak, yang hingga kini masih belum sepenuhnya sejahtera. Terlebih kondisi ekonomi bangsa saat ini semakin sulit dengan sering naiknya harga sembako, tarif listrik, termasuk susah mencari lapangan pekerjaan.

“Ini yang ingin kita benahi. Karena kita ingin meneruskan cita-cita Pak Harto. Sejak masih duduk di Komisi IV DPR RI, tercatat kami sudah membagikan sekitar 1500 bantuan untuk kelompok tani, kelompok ternak maupun warga masyarakat lainnya. Karena kita berkomitmen untuk terus membantu menyalurkan bantuan pemerintah kepada masyarakat di DIY,” katanya.

Baca Juga
Lihat juga...