Baru Diperbaiki, Fasilitas Sekolah di Pinggiran Balikpapan Rusak Lagi

Editor: Mahadeva

Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan, Mieke Henny – Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Dua fasilitas sekolah di pinggiran Kota Balikpapan kembali mengalami kerusakan. Sementara tercatat, perbaikan terhadap fasilitas tersebut belum lama dilakukan.

Kerusakan diketahui, ketika Komisi IV DPRD Balikpapan, yang membidangi pendidikan melakukan inspeksi. Dua sekolah tersebut adalah, SD Negeri 008 Kelurahan Teritip Balikpapan Timur dan SD Negeri 017 Balikpapan Utara.

Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan, Mieke Henny, menyatakan kekecewaanya dengan temuan tersebut. “Saya jelas kecewa, karena masih banyak fasilitas yang tidak layak seperti ini,” kata Mieke Henny, Kamis (31/1/2019).

SD tersebut, berada di Gunung Binjai, Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur. Lokasi yang jauh dari pusat kota. Hal itu, diperkirakan menjadi penyebab minimnya pengawasan, saat perbaikan dikerjakan. SD di kawasan pinggiran tersebut, mengalami kerusakan toilet, turap plafon, atap, hingga sekat antar kelas. “Kami ingin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memperbaiki kerusakan fasilitas sekolah yang tak layak,” tandasnya.

Perbaikan bagian atap dan plafon, baru dilakukan oleh kontraktor tiga bulan lalu. “Tapi saat kami lihat ke sana, atap dan plafonnya masih tampak rusak. Ini jelas mengecewakan. Seharusnya instansi terkait jangan lepas pengawasan,” tandasnya.

Sementara fasilitas di SD N 017 Balikpapan Utara, mengalami kerusakan di jaringan listrik. Sekolah tersebut nyaris terbakar pada 16 Januari lalu, akibat korsleting listrik. “Untung saja tidak merambat ke ruangan yang lain. Kalau itu terjadi, pasti habis gedung sekolah ini, dan anak-anak tidak bisa bersekolah secara normal,” imbuh John Ismail, anggota Komisi IV DPRD Balikpapan.

Dengan kondisi itu, Komisi IV bakal memanggil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, untuk menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP), menindaklanjuti temuan tersebut.

Lihat juga...