hut

Bawaslu Kota Jayapura: KPU Belum Cetak APK

Ilustrasi- Bawaslu - Dok. CDN

JAYAPURA — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Jayapura, Papua, mengatakan KPU setempat hingga Selasa belum mencetak alat peraga kampanye (APK) calon anggota legislatif di kota tersebut.

“APK yang difasilitasi oleh KPU Kota Jayapura ini mana sekarang? Dua bulan lagi masa kampanye berakhir, kapan dicetak? Kapan mau dibagikan? Kapan disebarkan?” kata Ketua Bawaslu Kota Jayapura Rinto Pakpahan di Jayapura, Selasa pagi (29/1/2019).

Menurut Rinto, APK yang sudah ditertibkan pihaknya dengan Satpol PP Kota Jayapura itu memang tidak pada zonanya dan belum ada desainnya karena APK yang keluar dari KPU Kota Jayapura itu harus diikuti.

“Sekarang masing-masing caleg mendesain APK-nya sendiri, jadi ada yang desainnya suami/istri, ada yang menggandeng caleg kota dan provinsi, caleg kota/kabupaten dengan calon anggota DPR RI, ‘kan banyak menggandeng caleg lain,” ujarnya.

Hingga kini, kata Rinto, APK untuk caleg di Kota Jayapura belum jelas. Ia mengatakan bahwa pihaknya sudah berulang kali menanyakan hal itu ke staf KPU Kota Jayapura. Namun, mereka hanya pelaksana, sedangkan yang membicarakan anggaran itu bagian lain.

“Ketentuan-ketentuan anggaran untuk APK ini sudah dianggarkan. Akan tetapi, dananya ke mana? Kabupaten-kabupaten lain di Papua sudah mendistribusikan APK-nya, kok, di Kota Jayapura belum,” ujarnya.

Menurut dia, alasan yang selalu didapat dari KPU Kota Jayapura adalah belum ada anggota KPU setempat. “Pertanyaannya mengapa KPU Kabupaten Jayapura yang juga belum ada anggota KPU-nya tetapi sudah mendistribusikan APK?” katanya lagi. (Ant)

Lihat juga...