Beragam Potensi Desa Krambil Sawit Diberdayakan

Editor: Koko Triarko

Program lain ialah gerobak mobile atau gerobak motor. Sebanyak 50 gerobak disiapkan oleh KUD, untuk mendorong warga memulai bisnis jualan keliling.

Sementara program ternak rakyat, digagas untuk mendorong para pemuda desa memulai bisnis ternak, baik ayam, bebek, kambing maupun sapi. KUD nantinya akan menyiapkan pinjaman modal dengan plafon mencapai Rp5 juta untuk setiap peternak.

“Nantinya kita juga akan mendirikan warung cerdas Damandiri. Selain menjadi unit usaha KUD, warung ini nantinya diharapkan akan menjadi penyuplai kebutuhan setiap unit-unit usaha yang didirikan warga. Sehingga warga tidak kesulitan mencari bahan baku untuk menjalankan usahanya,” kata Ketua KUD SHS Mandiri Krambil Sawit, Antono Putra.

Dengan berbagai program itu, diharapkan desa terpencil Krambil Sawit secara perlahan akan mampu berkembang menjadi desa yang lebih baik secara ekonomi. Jumlah angka kemiskinan dan penganggaran menurun, serta kesejahteraan seluruh warganya meningkat.

“Dengan berbagai program ini, lapangan kerja baru akan terbuka luas di desa. Pemuda-pemuda desa yang selama ini terpaksa merantau ke luar daerah, bisa bekerja secara mandiri dan membangun desa asalnya,” pungkas Anton.

Lihat juga...