BLK se-Indonesia Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

Editor: Mahadeva

BEKASI – Program pelatihan kerja berbasis kompetensi, oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker), di Balai Latihan Kerja (BLK) seluruh Indonesia untuk 2019 telah dimulai, Senin (7/1/2019). Kegiatan tersebut, dalam rangka mendorong terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja.

Menteri Tenaga Kerja, M. Hanif Dakhiri, menyebut, secara keseluruhan, peserta yang mengikuti pelatihan kerja berbasis kompetensi di tahun ini mencapai 526 ribu orang. Peserta tersebar di seluruh BLK yang ada di seluruh Indonesia.

“Hari ini, pelatihan berbasis kompetensi 2019, di BLK Bekasi, Jawa Barat di mulai. Dan ini menjadi momentum dimulainya pelatihan kerja diseluruh BLK di Indonesia, melalui kementerian tenaga kerja,” Hanif usai membuka pelatihan berbasis kompetensi di BLK bekasi, Senin (7/1/2019).

Kemenaker RI, M. Hanif Dakhiri, membuka pelatihan berbasis kompetensi 2019. Pembukaan tersebut pertanda dimulainya pelatihan di seluruh BLK di Indonesia – Foto M Amin

Pelaksanaan pelatihan kerja di tahun ini, sengaja dipercepat. Hal itu, untuk mengoptimalkan serapan anggaran 2019. Jika biasanya baru terlaksana Maret atau April, maka tahun ini dimulai di awal tahun. Di 2019, hampir 70 persen anggaran Kementerian Tenaga Kerja, digunakan untuk mendorong peningkatan daya saing SDM. Kenapa demikian tanyanya? Karena Indonesia saat ini sedang membutuhkan SDM berkualitas dengan jumlah relatif memadai.

“Anggaran di Kemenaker RI, 2019 mencapai Rp5,7 triliun, dan lebih dari Rp4 triliun digunakan untuk pelatihan kerja,” ujar Hanif.

Hanif menyebut, Indonesia serius mendorong terciptanya SDM berkualitas. Indonesia saat membutuhkan SDM berkualitas, dengan jumlah yang memadai dan tersebar merata di semua daerah. “Sekarang dibebaskan siapa saja tidak peduli agamamu apa, suku mu apa, etnis mu apa. Tidak peduli tua atau tidak. Siapa saja bisa datang ke BLK maka BLK akan memberi pelayanan,” tegasnya.

Pemerintah sambung Hanif, ingin membuka peluang sebesar-besarnya bagi siapapun untuk mendapatkan kesempatan memasuki dunia kerja.

Lihat juga...