BMKG Tak Pernah Sampaikan Informasi Letusan Anak Krakatau

161
Ilustrasi - Dok CDN

BANDARLAMPUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lampung menegaskan, tidak pernah menyampaikan informasi mengenai terjadinya letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda, Lampung Selatan. Terlebih, informasi tersebut  juga menyebut akan menghasilkan gempa dengan 8 Skala Richter (SR).

Dalam keterangan pers BMKG, Selasa (1/1/2019), disampaikan, saat ini sudah mulai banyak beredar rekaman audio pendek, dengan durasi sekira 1 menit 34 detik. Rekaman tersebut berisi pemberitahuan, bahwa menurut BMKG akan terjadi letusan Gunung Anak Krakatau, yang menghasilkan gempa 8 SR. Gempa akan terjadi di wilayah Lampung dalam waktu dekat atau dalam beberapa hari atau dalam beberapa minggu ke depan. BMKG menegaskan, tidak pernah memberikan pernyataan tersebut.

Masyarakat, jika mendapat broadcast terkait audio tersebut, diminta untuk tidak menyebarluaskan. Rekaman dapat langsung dihapus, agar tidak kembali membuat resah masyarakat. Sampai saat ini disebutkan, gempa bumi belum bisa diprediksi. Jadi, jika banyak beredar informasi terkait prediksi gempa dan tsunami, diminta untuk di abaikan saja informasi tersebut.

BMKG dan juga Badan Geologi, terus memantau perkembangan Gunung Anak Krakatau. Jadi pastikan untuk memantau perkembangan beritanya hanya dari aplikasi InfoBMKG dan aplikasi MAGMA INDONESIA. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...