BPBD Kupang Salurkan Bantuan Bencana Puting Beliung

217

KUPANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan tanggap darurat guna membantu warga yang menjadi korban bencana alam angin puting beliung di Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kupang, Charles Pandie, di Desa Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Selasa (29/1), mengatakan, bencana alam angin puting beliung yang melanda dua desa di Kecamatan Kupang Tengah yaitu Desa Noelbaki dan Kelurahan Tarus menyebabkan sembilan rumah warga rusak akibat terjangan angin puting beliung.

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Kupang selama pekan lalu itu telah mengakibatkan sembilan rumah penduduk rusak akibat terjangan angin puting beliung.

Ia mengatakan, para korban bencana alam puting beliung yang melanda Kecamatan Kupang Tengah semuanya telah mendapat bantuan tanggap darurat dari pemerintah Kabupaten Kupang.

“Bantuan tanggap darurat yang didistribusikan BPBD Kabupaten Kupang diperuntukkan bagi sembilan kepala keluarga yang menjadi korban dalam bencana di Kecamatan Kupang Tengah,” kata Charles.

Ia mengatakan, bantuan tanggap darurat yang telah didistribusikan BPBD Kabupaten Kupang itu berupa makanan siap saji seperti mie, minyak goreng, biskuit, perabot rumah tangga, selimut, terpal, gula serta kopi.

“Bantuan yang diberikan merupakan bantuan tanggap darurat. Bantuan yang diberikan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap musibah yang dialami korban bencana alam,” kata Charles.

Dia mengimbau warga Kabupaten Kupang untuk selalu waspada selama cuaca ekstrem melanda wilayah kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste, ini.

“Kami mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Kupang agar selalu waspada terjadi bencana terutama masyarakat yang bermukim di bantaran kali, agar mewaspadai adanya banjir kiriman. Apabila mengetahui tanda-tanda bencana agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman,” kata Charles. (Ant)

Lihat juga...