Buang Peluang, Madrid Gagal Dekati Barcelona

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

141

VILLARREAL — Real Madrid membuang peluang untuk memangkas jarak dari pimpinan klasemen sementara La Liga, Barcelona. Pada laga yang berakhir Jumat pagi, Madrid harus puas hanya membawa pulang satu poin setelah ditahan imbang Villarreal 2-2.

Laga kedua tim seharusnya digelar sebelum jeda kompetisi. Namun keterlibatan Madrid dalam final Piala Dunia Antarklub membuat laga harus dijadwal ulang dan digelar Jumat pagi, sebelum kompetisi La Liga kembali bergulir secara resmi akhir pekan ini.

Dilihat dari posisi klasemen, Madrid seharusnya tidak kesulitan menaklukkan Villarreal. Madrid bercokol di urutan empat klasemen sedangkan Villarreal di urutan 18. Namun rapor pertemuan kedua tim berbicara lain. Dari empat pertemuan di liga, Madrid hanya sekali mengemas kemenangan.

Statistik itu kembali terulang di estadio de la Ceramica. Tim berjuluk The Yellow Submarine membuat kejutan dengan mencetak gol cepat ke gawang Madrid. Samuel Chuckwueze membuka ruang di area pertahanan Madrid sebelum mengirim bola pada Santi Cazorla. Eks Arsenal itu kemudian mengirim bola ke pojok bawah gawang Madrid.

Sayangnya keunggulan tuan rumah tidak bertahan lama. Selang tiga menit kemudian skor berubah 1-1. Karim Benzema berhasil menyamakan skor setelah memaksimalkan umpan silang Lucas Vazquez. Sundulan kepala striker Perancis itu meluncur ke pojok bawah gawang Villarreal.

Tuan rumah mencoba menambah skor namun permainan Madrid terus membaik dan perlahan mengontrol jalannya permainan dengan menguasai ball possession. Di menit ke-15 Vazquez nyaris menambah keunggulan Madrid jika saja gagal dimentahkan Sergio Asenjo.

Madrid akhirnya benar-benar menambah gol di menit ke-20. Raphael Varane melompat tinggi di dalam kotak penalti Villarreal untuk menyamput eksekusi bola mati Toni Kroos. Bola meluncur ke pojok gawang The Yellow Submarine.

Enam menit berikutnya, Asenjo dipaksa bekerja keras mementahkan tembakan Gareth Bale. Luka Modric membuka peluang lain bagi Madrid, namun ia terlebih dulu terperangkap offside.

Di awal babak kedua, Santiago Solari dipaksa melakukan pergantian dalam komposisi skuad Los Blancos. Gareth Bale yang mengalami cedera ditarik keluar dan digantikan Isco. Meski begitu, Madrid tetap mengancam. Salah satunya melalui Benzema. Tapi sayang tembakannya terlalu lemah.

Delapan menit jelang bubar, kemenangan Madrid yang sudah di depan mata akhirnya buyar. Santi Cazorla kembali mencatatkan namanya di papan skor. Sundulan kepalanya memaksimalkan umpan silang Pablo Fornals menghindarkan Villarreal dari kekalahan.

Sementara bagi Madrid kegagalan ini sekaligus membuat mereka gagal mendekati Barcelona di puncak klasemen sementara. Kedua tim masih terpaut tujuh poin. Barcelona di puncak dengan 37 poin dan Madrid di urutan empat dengan 30 poin.

Baca Juga
Lihat juga...