Budidaya Tanaman Hidroponik, Solusi Pengembangan Pertanian

303

PONTIANAK  – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikuktura Kalimantan Barat, Heronimus Hero, menyebutkan, budidaya tanaman hortikultura melalui hidroponik merupakan solusi pertanian bagi kalangan milenial di provinsi itu.

“Potensi agrobisnis terutama di hortikultura sangat besar. Melalui hidroponik sangat cocok bagi kalangan milenial,” ujarnya di Pontianak, Senin.

Ia menambahkan, anak muda yang ingin berkecimpung di dunia pertanian dan ingin menjadi pengusaha pertanian, budidaya dengan hidroponik bisa menjadi alternatif. Potensi pasar hasil pertanian tersebut sangat luas.

“Apalagi dikembangkan dengan hidroponik organik. Sayuran organik sangat diminati dan harga juga tinggi. Itu tentu peluang bagi anak milenial di Kalbar,” jelas dia.

Menurutnya, budidaya melalui hidroponik juga sangat mudah. Kemudian bisa dilakukan di lahan yang sempit.

“Budidaya dengan hidroponik bisa dilakukan di pekarangan rumah. Di tahap awal bisa mendorong anak muda mencintai dan mau bergerak di bidang pertanian,” kata dia.

Upaya pihaknya dalam memajukan dunia pertanian juga terus dimaksimalkan. Sehingga ketahanan pangan dan lainnya hadir di Kalbar. Langkah dan program pertanian di Kalbar saat ini kian membuahkan hasil.

Meskipun ada sejumlah tantangan terus akan dicarikan solusi dan inovasi dengan pengembangan teknologi tepat guna.

“Pertanian itu luas yakni bidang pangan dan hortikultura. Nah, upaya kita untuk memajukannya tentu mengacu pada skala prioritas dengan mengedapankan hal yang memiliki nilai ekonomi dan strategis secara nasional,” papar dia.

Ia mengajak semua pihak bangga bertani. Hal itu karena satu di antara maju tidaknya suatu daerah tidak terlepas dari peran pertanian.

“Kita mengajak dan berharap masyarakat bangga bertani. Bangga bertani,” papar dia. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...