Bupati Sikka Minta Lelang Proyek Paling Lama Maret

Editor: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Bupati Sikka meminta kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintah Kabupaten Sikka agar segera membereskan administrasi terkait APBD tahun anggaran 2018 agar bisa segera melaksanakan administrasi tahun 2019.

“Saya sudah meminta agar segala administrasi terkait tahun buku 2018 untuk segera diselesaikan paling lama akhir Januari. Ini penting agar bisa fokus untuk pekerjaan tahun 2019,” sebut Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, Rabu (9/1/2019).

Dikatakan Roby, tahun berikutnya, dirinya akan memperketat sehingga segala administrasi tahun anggaran 2019 bisa diselesaikan akhir bulan Desember. Dirinya juga telah meminta agar lelang proyek sudah harus dimulai awal bulan Maret 2019.

Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo. Foto: Ebed de Rosary

“Saya tegaskan agar lelang proyek harus sudah dimulai awal Maret. Ini penting agar proyek-proyek pengerjaan fisik bisa dilaksanakan paling lama awal bulan April tahun 2019 sehingga tidak berakhir di bulan November atau Desember,” ungkapnya.

Semakin cepat pengerjaan fisik proyek akan semakin baik, sebut mantan Camat Nelle ini. Hal ini mengingat akhir tahun sudah mulai masuk musim hujan sehingga menyulitkan pihak kontraktor pelaksana dalam melakukan pembangunan.

“Semakin cepat dikerjakan maka semakin cepat selesai dan tidak mengakibatkan proyek terlantar dan tidak selesai dikerjakan. Saya sudah instruksikan agar dinas dan badan yang belum menyelesaikan laporan segera menyelesaikan laporan administrasi akhir Januari ini,” tuturnya.

Segenap ASN, harapnya, harus bekerja secara sungguh-sungguh dan sesuai aturan agar jangan sampai ditemukan adanya kesalahan yang bisa berakibat pada terjadinya tindak pidana korupsi. Semua ASN di lingkup pemerintah Kabupaten Sikka sudah mengetahui hal ini.

“Saya ingin agar semua ASN bekerja secara sungguh-sungguh dan sesuai aturan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Pimpinan yang kinerjanya tidak bagus akan saya ganti dengan yang mampu,” tegasnya.

Anggota DPRD Sikka, Yohanes A.J. Lioduden, mengapresiasi keinginan baik pemerintah untuk melakukan lelang proyek lebih cepat. Ini penting mengingat selama ini banyak proyek yang terlambat dilelang sehingga saat musim hujan proyek pembangunan tersebut masih dikerjakan.

“Ini sebuah langkah yang bagus dan saya mengapresiasi, namun tentunya semua itu harus dilakukan dengan benar dan sesuai prosedur agar apa yang telah direncanakan dalam pelaksanaannya bisa sesuai,” ungkapnya.

Yani Making, sapaannya, juga berharap agar dalam proses tender dan penentuan pemenang dilakukan sesuai prosedur dan aturan yang ditetapkan. Dengan begitu maka rekanan atau pihak kontraktor yang memenangi tender benar-benar berkualitas dan mampu menyelesaikan pengerjaan tepat waktu.

PPK dan panitia lelang, tambah Yani, harus bekerja tanpa ditekan siapa pun. Jangan ada yang menang proyek karena memiliki kedekatan dengan pejabat tertentu sehingga semua rekanan bisa bersaing secara sehat. Untuk mendapatkan pekerjaan pembangunan dan pengadaan barang serta jasa.

Lihat juga...