Bus Sekolah Diharapkan Cegah Pelajar Bawa Kendaraan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

176

BEKASI — Menjawab keresahan kalangan orang tua murid terkait larangan pelajar membawa kendaraan ke sekolah, Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, meluncurkan bus sekolah.

Bus Sekolah
Walikota Bekasi Rahmat Effendi. Foto: Muhammad Amin

“Peluncuran bus sekolah, solusi atas kebijakan larangan siswa membawa kendaraan ke sekolah. Untuk sementara baru ada satu unit,”kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi usai peluncuran, Kamis (10/1/2019).

Dikatakan,  bus berukuran medium bantuan dari Kementerian Perhubungan RI, melalui Provinsi Jawa Barat. Ke depan akan ditambah, termasuk dengan trayek untuk melintasi beberapa sekolah di Bekasi.

Menurutnya, armada sekolah yang baru diluncurkan tersebut akan diprioritaskan untuk semua kalangan pelajar di Kota Bekasi. Dia berharap dalam waktu dekat akan ada penambahan enam unit.

“Sebenarnya tergantung minat kalangan pelajar. Jika animo pelajar tinggi tentu akan ditambah. Begitupun trayek akan diarahkan ke wilayah yang tidak diakses kendaraan umum,” jelas Rahmat Effendi.

Dengan adanya bus ini, lanjutnya la berharap para pelajar tak lagi membawa kendaraan ke sekolah. Hal tersebut untuk mencegah hal negatif ketika pelajar membawa kendaraan. Seperti, melanggar UU Lalu Lintas, karena mayoritas  belum cukup umur untuk memiliki Surat Ijin Mengemudi.

“Kita bisa lihat, meski pelajar sudah dilarang membawa kendaraan tapi masih banyak terlihat ke sekolah menggunakan kendaraan pribadi yang dititipkan di sekitar sekolah. Ke depan tidak ada pelajar membawa kendaraan ke sekolah,”tandasnya.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, terlihat mengantar langsung para siswa menuju sekolah dengan mengemudikan bus tersebut.

“Era bapak dulu masih sekolah masih jalan kaki,” paparnya.

Baca Juga
Lihat juga...