hut

Cuaca Buruk, Harga Ikan Segar di Kendari, Naik

KENDARI  – Harga ikan segar di sejumlah pasar tradisional dan tempat pelelangan di Kendari, Sulawesi Tenggara, melambung karena pasokan ikan terbatas, akibat cuaca buruk beberapa hari terakhir.

“Saat bulan terang, cuaca angin kencang dan gelombang tinggi, stok ikan atau pasokan ikan dari pengusaha penangkap ikan terbatas sehingga harga ikan di pelelangan, pasar dan pengecer mengalami kemahalan yang dua kali lipat dari biasanya,” kata pengecer ikan segar La Uno (40) di Kendari, Senin.

Keterangan yang dihimpun dari Dinas Perindag Provinsi Sultra juga menyebutkan, bahwa hasil pantauan selama sepekan terakhir, harga ikan segar berkurang stoknya. Hal itu disebabkan karena kurangnya hasil tangkapan nelayan akibat musim ombak dan angin kencang yang terjadi selama sepekan terakhir.

Ia mengatakan, nelayan sepekan terakhir urung melaut karena perairan area tangkapan tidak bersahabat disebabkan angin kencang dan gelombang sehingga harus diwaspadai.

Ia mengatakan, saat cuaca tidak mendukung, tentu nelayan tidak berani melaut dan hanya membenahi perahu/kapal maupun sarana alat tangkap.

“Sebagian anak buah kapal pulang kampung dan mencari pekerjaan alternatif,” kata Kabid Perdagangan dalam negeri Muh. Ali.

Ikan cakalang ukuran sedang yang biasanya dijual seharga Rp45 ribu per ekor dijual Rp60 ribu per ekor, ikan ruma ruma yang biasanya dijual Rp30 ribu per kilogram dijual Rp45 ribu per kilogram, ikan rambe yang biasanya dijual Rp25 ribu per kilogram dijual Rp35 ribu per kilogram, ikan lajang yang biasanya dijual Rp20 ribu-Rp25 ribu per kilogram sekarang dijual Rp35 ribu per kilogram bahkan lebih.

Udang kecil yang biasanya dijual Rp33 ribu per kilogram sekarang dijual Rp45 ribu per kilogram, ikan Tuna biasanya dijual Rp35 ribu per kilogram saat ini dijual Rp60 ribu per kilogram, ikan bandeng biasanya dijual Rp20 ribu per kilogram sekarang dijual seharga Rp35 ribu per kilogram.

Ia mengatakan, harga ikan segar beberapa hari terakhir mengalami lonjakan, namun masyarakat kota Kendari tetap harus belanja karena kebiasaan makan dengan menu ikan.

“Sebenarnya saya biasanya ke pelelangan ikan dengan harapan harga ikan lebih murah daripada di pasar. Namun ternyata mahal juga atau tidak sama seperti hari-hari biasa,” ujar Ny Ati (45), salah seorang warga Kendari.

Selain ikan segar, juga berdampak pada harga ikan asin yang juga mengalami kenaikan dari harga biasanya. Untuk ikan suni ukuran sedang yang biasanya dijual Rp50.000 per kilogram kini naik hingga Rp65.000 per kilogram, ikan katamba dari Rp45.000 per kilogram naik menjadi Rp55.000 hingga Rp60.000 per kilogram. (Ant)

Lihat juga...