Dampak Proyek Besar, Sleman Siapkan Pengalihan Jalan

Ilustrasi [cdn]

SLEMAN — Dinas Perhubungan Dishub Kabupaten Sleman bekerja sama Dengan Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berkoordinasi menyiapkan pengalihan jalur jalan terkait adanya dua proyek besar peningkatan jalan pada awal 2019 di kabupaten tersebut.

“Awal tahun ini ada dua proyek besar di Sleman yakni Pembangunan ‘underpass’ Kentungan dan pembangunan empat jembatan di Jalan Gito-Gati, sehingga untuk antisipasi kemacetan kami telah siapkan pengalihan jalur,” kata Kepala Bidang Lalu-lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman Sulton Fatoni di Sleman, DIY, Selasa (8/1/2019).

Menurut dia, untuk proyek ‘underpass’ Jalan Lingkar Utara di Kentungan yang akan dimulai pada 14 Januari, pihaknya telah menyiapkan sejumlah rekayasa dan jalur-jalur alternatif.

“Jalur alternatif ini untuk jalur pengalihan jenis kendaraan besar melalui Jalan Lingkar Selatan dan mobil dengan jalan-jalan alternatif terdekat” katanya.

Ia mengatakan untuk proyek pembangunan jembatan di Jalan Gito-Gati dari simpang empat Denggung hingga Wonorejo juga telah disiapkan pengalihan jalur, karena jalur utama ditutup total.

“Namun proyek ini tidak akan terlalu banyak memengaruhi arus kendaraan. Apalagi sampai di Kentungan, tidak akan terlalu banyak memengaruhi, hanya di alternatif di sebelah barat Jalan Gito-Gato yang nanti agak padat,” katanya.

Ia mengatakan terus berkoordinasi dengan Dishub DIY untuk mekanisme pengalihan arus lalu-lintas. Setidaknya ada dua alternatif jalur.

Pertama, dari Jalan Yogya-Magelang menuju Jalan Pandowoharjo ke Jakanl Noto Sukardjo tembus Jalan Palagan Tentara Pelajar. Kedua, dari Jalan Jogja-Magelang menuju Jalan Jongke ke Jalan Jatirejo dan tembus Jalan Palagan Tentara Pelajar.

“Alternatif jalan ini nanti setiap bulan kami lakukan evaluasi,” katanya.

Pemerintah Provinsi DIY akan membangun empat jembatan dan peningkatan kapasitas Jalan Gito-Gati, Kabupaten Sleman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Permukiman dan Kawasan Perumahan (DPUPKP) Kabupaten Sleman, Sapto Winarno mengatakan pembangunan empat jembatan ini dilakukan selama 180 hari kerja.

“Targetnya untuk empat jembatan Juli 2019 selesai, dan selama pengerjaan ruas Jalan Denggung-Wonorejo atau yang dikenal Jalan Gito Gati ditutup total,” katanya.

Menurut dia, empat jembatan yang dibangun yakni Jembatan Denggung, Tlacap, Gondanglegi, dan Tambakrejo.

“Total dana yang dihabiskan mencapai Rp15 miliar untuk empat jembatan dan Rp25 miliar untuk jalan. Pekerjaan ini kewenangan Provinsi DIY karena status jalannya, jalan provinsi. Tapi kami tetap membantu, karena wilayahnya di Sleman,” katanya. [Ant]

Lihat juga...