Desa di Nagan Raya Bangun Kebun Sawit

1.316
Perkebunan Sawit - Dok. CDN

NAGAN RAYA – Pemerintah Desa atau Gampong Ujong Sikuneng, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, membangun kebun sawit, yang akan dikelola badan usaha milik gampong (BUMG).

Kepala Desa Ujong Sikuneng, Bustanul Afriansyah, mengatakan, melalui pembangunan kebun sawit itu diharapkan menambah pendapatan alokasi dana desa (ADD), untuk program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Pembangunan kebun untuk dikelola BUMG adalah hasil kesepakatan bersama pada musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) 2018 lalu, dan sudah mendapat persetujuan semua warga di desa kita,” katanya, Sabtu (5/1/2019)

Berdasarkan hasil kesepakatan bersama aparatur desa dan seluruh masyarakat, akan dibangun kebun sawit seluas lima hektare di tiga lokasi desa setempat.

Pemerintah Desa Ujong Sikuneng sudah mulai mengelola kebun sawit tersebut sejak 2018, dan kini tanaman itu sudah tumbuh subur dan menunggu hasil buah tandan segar (TBS).

“Sekarang, pohon kelapa sawitnya menunggu masa produktif. Sambil menunggu sawitnya berbuah, masyarakat memanfaatkan lahan itu untuk bercocok tanam beberapa palawija yang juga menguntungkan,” sambungnya.

Dia juga berharap, lahan milik desa itu dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga desa setempat, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kita berharap, dengan lahan itu masyarakat kita khususnya fakir miskin bisa terbantu dan gampong bisa mandiri. Hasil dari penjualan kelapa sawit itu nanti kita masukkan ke kas desa,” katanya.

Di lokasi kegiatan pengembangan kebun sawit milik BUMG tersebut, beberapa petani memanfaatkan area lahan tersebut untuk bercocok tanam jenis tanaman sayur, di sela tanaman kelapa sawit muda.

“Alhamdullah, masyarakat di sini sekarang memanfaatkan lahan ini untuk berkebun, kami tanam sayur-sayuran, pepaya, macam-macam lah, ya setidaknya hasil dari ini cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kami,” ujar Tarmizi (34), warga desa setempat. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...