Dishub Bekasi Siapkan Aturan Denda Parkir Liar

Editor: Koko Triarko

348
Kadishub Kota Bekasi, Yayan Yuliana -Foto: M Amin

BEKASI – Dinas Perhubungan Kota Bekasi, tengah menyiapkan aturan denda bagi kendaraan roda dua dan roda empat, dalam rangka penertiban parkir liar yang masih marak terjadi di beberapa lokasi di wilayah tersebut.

“Kota Bekasi, persoalan parkir liar atau parkir tidak berizin cukup banyak. Dishub untuk mengatasi hal itu saat ini sedang mempersiapkan aturan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, Sabtu (12/1/2019).

Dikatakan, aturan yang dipersiapkan akan mengacu pada DKI Jakarta, dengan memberlakukan denda Rp500 ribu untuk kendaraan roda empat, dan Rp250 ribu untuk kendaraan roda dua. Aturan denda diharapkan dapat memberi dampak positif bagi kondisi di Kota Bekasi.

“Soal payung hukum seperti Perda, sudah disetujui dan disahkan DPRD Kota Bekasi akhir 2018 lalu. Sekarang tinggal penyusunan aturan,” kata Yayan.

Yayan menginginkan, sistem denda yang tengah dipersiapkan mengatur pembayaran denda melalui online. Sehingga setiap pelanggaran, dendanya akan langsung masuk ke kas daerah. Namun, penyusunan aturan tentu tidak mudah, banyak yang harus dipersiapkan.

“Persiapan tentu meliputi mobil derek, tempat penampungan kendaraan dan sistem pembayaran denda,” tandasnya.

Dikonfirmasi daerah mana saja yang terjadi parkir hingga mengganggu arus lalulintas, Yayan menegaskan untuk daerah di Kota Bekasi, masih banyak, meskipun beberapa lokasi sudah diberi peringatan kempes ban, sepertinya tidak memberi efek jera.

Baca Juga
Lihat juga...