Dishub Tambah 30 Unit PJU di Baturaja

450
Ilustrasi petugas melakukan perbaikan LPJU tenaga surya - Foto Dokumentasi CDN

BATURAJA – Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di kawasan Kota Baturaja, akan ditambah 30 unit. Penambahan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) di 2019 tersebut, dilakukan di sepanjang ruas jalan raya setempat.

“Penambahan PJU tenaga surya ini mengingat masih ada sejumlah titik kawasan jalan raya di dalam Kota Baturaja yang minim lampu penerangan,” kata Kepala Dishub OKU, Aminelson bersama Kabid Lalulintas dan Angkutan, Saprin, Sabtu (26/1/2019).

Penambahan 30 unit PJU tenaga surya tersebut, untuk dipasang di kawasan Jembatan Ogan IV Kecamatan Baturaja Timur, hingga Simpang Adipura Universitas Baturaja (Unbara). Kawasan tersebut, dinilai masih minim fasilitas penerangan jalan. “30 unit PJU ini nantinya dipasang di sepanjang jalan raya kawasan Jembatan Ogan IV mulai dari terminal hingga simpang Unbara dengan jarak 50 meter setiap titiknya,” jelasnya.

Dengan penambahan tersebut, harapannya jalur tersebut menjadi terang saat malam hari. Sehingga pengendara dan pengguna jalan akan lebih merasa nyaman saat melintas di malam hari. “Para pengendara khusunya kendaraan bermotor selama ini lebih memilih melewati jalur lain di dalam kota karena takut gelap dan menjadi korban aksi kriminalitas saat melintas di kawasan itu,” tandasnya.

Dengan penambahan PJU tenaga surya,diharapkan masyarakat pengguna jalan tidak takut lagi untuk melintas pada malam hari. “Biaya pemasangan menggunakan dana APBD Kabupaten Ogan Komering Ulu tahun anggaran 2019, dan bisa juga melalui dana bantuan dari Kementrian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan RI. Jadi, anggaran mana yang lebih dulu bisa digunakan, yang itulah yang nantinya akan dipakai untuk pemasangan PJU,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...