Dua Gardu Transaksi GT Kamal – Jakbar Ditutup 20 Hari

Ilustrasi -Dok: CDN

JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Jakarta-Tangerang-Cengkareng (JTC), akan menutup sementara dua gardu transaksi gerbang Tol (GT) Kamal, Jakarta Barat, selama 20 hari.

Hal tersebut disampaikan Assistant Vice Presiden Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, dalam keterangan singkatnya di Jakarta, Sabtu (5/1/2019).

Menurutnya, penutupan sementara tersebut terkait pekerjaan teknis berupa reposisi dan modifikasi Gerbang Tol (GT) Kamal 1 dalam waktu dekat.

“Reposisi dan modifikasi island GT Kamal 1, merupakan bagian dari Proyek Pembangunan Ramp 2 Interchange Penjaringan di Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo. Reposisi dan modifikasi island GT Kamal 1 akan dilakukan sejak Senin (7/1) hingga Jumat (1/2),” ujar Dwimawan.

Ada pun rincian penutupan pekerjaan tersebut sebagai berikut: – Senin (7/1) pukul 22.00 WIB Jumat (11/1) pukul 08.00 WIB: Penutupan Gardu 01 dan 02 – Minggu (13/1) pukul 22.00 WIB Jumat (18/1) pukul 08.00 WIB: Penutupan Gardu 02 dan 03.

Minggu (20/1) pukul 22.00 WIB Jumat (25/1) pukul 08.00 WIB: Penutupan Gardu 03 dan 04 – Minggu (27/1) pukul 22.00 WIB Jumat (1/2) pukul 08.00 WIB: Penutupan Gardu 04 dan 05.

Jumlah hari efektif penutupan dua gardu transaksi di GT Kamal 1 adalah 20 hari, dengan waktu rata-rata 24 jam sehari. Untuk mencegah terjadinya kepadatan pada GT Kamal 1 akibat penutupan dua gardu transaksi selama pekerjaan, Dwimawan menyatakan pihak Jasa Marga telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi dengan penambahan tiga unit mobile reader di GT Kamal 1.

“Langkah antisipasi lainnya yang juga disiapkan adalah mengalihkan lalu lintas ke GT Kamal 4 (keluar Pantai Indah Kapuk) dan masuk kembali ke GT Kamal Utama (Jakarta Outer Ring Road/JORR W1) jika terjadi kepadatan di GT Kamal 1,” lanjut dia.

Kemudian, upaya lainnya yaitu pengaturan lalu lintas dan pemasangan rambu prisma, dengan mengalihkan kendaraan ke arah Bandara Udara Soekarno-Hatta melalui jalur bawah.

Sosialisasi terkait pengerjaan tersebut dilakukan Jasa Marga melalui pemasangan spanduk yang memuat informasi tentang pelaksanaan pekerjaan tersebut, di sejumlah titik sebagai bentuk sosialisasi, dan melalui Variable Message Sign (VMS) serta di media sosial.

Sebelum reposisi dan modifikasi island GT Kamal 1 dilakukan, Dwimawan menyatakan, Jasa Marga telah menambah satu gardu transaksi di GT Kamal 1 yang telah beroperasi sejak tanggal 29 Desember 2018 lalu.

Ia mengimbau, masyarakat agar terus mengetahui kondisi lalu lintas jalan tol yang dikelola Jasa Marga, pengguna jalan tol dapat mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, seperti Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080, media sosial “Twitter” @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya), lnstagram” @official.jasamarga, aplikasi Mobile JMCARe, dan website resminya. (Ant)

Lihat juga...