Gelombang Tinggi, Produksi Ikan Tangkapan di PPN Turun

186
Ilustrasi ikan hasil tangkapan nelayan - DOK CDN

SUNGAILIAT – Produksi ikan hasil tangkapan nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat, Kepulauan Bangka Belitung menurun. Penurunan produksi pada pekan keempat Januari 2019, akibat gelombang pasang yang terjadi.

“Tercatat produksi ikan hasil tangkapan nelayan dari sebelumnya atau pada pekan ketiga sebanyak 255.882 kilogram turun menjadi 254.591 kilogram atau berkurang sebanyak 1.291 kilogram,” kata Kasi Opersional Pelabuhan PPN Sungailiat, Purwanti, Sabtu (26/1/2019).

Penurunan produksi tangkapan nelayan, disebabkan sejumlah kapal dengan jenis alat tangkap tertentu tidak melakukan aktivitas. Hal itu dikarenakan, terjadinya gelombang pasang, disertai angin kencang di wilayah penangkapan. “Perubahan cuaca di perairan penangkapan sering dihadapi oleh nelayan, yang terkadang berdampak pada sebagian nelayan memaksa menunda kegiatan penangkapan,” tambahnya.

Rendahnya produksi hasil tangkapan, berdampak pada menurunnya pasokan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Diperkirakan, produksi ikan nelayan pada pekan berikutnya masih belum stabil, mengingat perubahan cuaca di laut masih belum menentu. “Dampak lainnya akibat dari perubahan alam tersebut, memaksa pedagang pengumpul ikan mendatangkan ikan dari luar Sungailiat, bahkan dari luar Pulau Bangka,” ujar Purwanti.

Pasokan ikan dari luar Sungailiat mau pun dari luar Pulau Bangka, sengaja didatangkan untuk memenuhi permintaan pasar. Namun ikan yang didatangkan terlebih dahulu melewati pemeriksaan uji organoletik dan formalin, untuk memberikan perlindungan keamanan bagi masyarakat. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...