Gerakan Literasi Papua Bagi Buku Kepada Murid SD

194
Ilustrasi

JAYAPURA — Alumni dan mahasiswa Universitas Cenderawasih (Uncen) yang tergabung dalam wadah pegiat Gerakan Literasi Papua membagikan 143 buku umum dan majalah kepada murid sekolah dasar (SD) YPK Yoka Baru, Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Salah satu anggota Literasi Papua, Tonix Wonatorey mengatakan, pembagian buku kepada murid SD itu sudah dilakukan sejak Jumat (25/1). Pihaknya memutuskan untuk membagikan buku kepada para murid di sekolah itu karena masih banyak murid yang kini duduk di kelas enam belum tahu membaca.

“Ini yang membuat kami tergugah, lalu mendatangi sekolah ini untuk membagikan buku kepada para murid. Dengan buku yang diberikan, diharapkan para guru menuntun murid untuk membaca buku yang sudah dibagikan,” ujarnya di Jayapura, Senin (28/1/2019).

Tentunya, kata Tonix, hal ini merupakan salah satu kendala yang harus menjadi perhatian serius dari para guru di sekolah. Begitu pula para orang tua murid di rumah untuk terus mendidik dan memotivasi anaknya dengan baik agar biasa membaca. Dia mengemukakan, 143 buku umum dan majalah yang diberikan murid SD YPK Yoka Baru itu didapat dari perpustakaan daerah Provinsi Papua.

“Saya sangat berterimakasih kepada mahasiswa dan alumni Uncen yang tergabung wadah Literasi Papua, karena masih peduli dengan pendidikan sehingga berupaya untuk mengumpulkan buku untuk membantu para murid SD, termasuk para guru,” kata Kepada SD Yoka Baru, Surina Wally.

Dia mengatakan, para murid didikannya suka dengan buku-buku gambar yang dibagikan, diharapkan dapat memotivasi memotivasi para murid untuk membaca.

Salah satu murid kelas enam SD Yoka Baru, Ansledi Mebri, mengaku sangat senang menerima buku.

“Ketika buku yang dibagikan ditaruh di perpustakaan, maka saya dan rekan-rekan bisa mengunjungi perpustakaan untuk membaca,” katanya. [Ant]

Lihat juga...