GOR Way Handak Kalianda, Alternatif Wisata Pascatsunami

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Kebutuhan masyarakat akan rekreasi, membuat sejumlah tempat rekreasi buatan disediakan oleh pemerintah kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Sejumlah destinasi rekreasi buatan itu, di antaranya Taman Inuh, Lapangan Korpri, pusat wisata kuliner Dermaga Bom Kalianda. Teranyar, fasilitas rekreasi sekaligus ruang terbuka hijau yang ada di Kalianda berada di area gedung olah raga (GOR) Way Handak Kalianda.

Keberadaan GOR Way Handak Kalianda yang mulai dipercantik sejak beberapa bulan terakhir, menjadi alternatif warga Kalianda untuk rekreasi.

Yanti, salah satu pedagang kuliner mie ayam yang berjualan di GOR Way Handak -Foto: Henk Widi

Ahmad (18) salah satu warga asal Sidomulyo, menyebut, selama ini destinasi wisata bahari atau pantai menjadi favorit warga. Puluhan destinasi wisata bahari di pesisir Kalianda yang rusak diterjang tsunami pada Desember silam, membuat objek wisata bahari sementara ditinggalkan.

Ahmad juga mengakui, sejumlah warga masih menghindari berwisata di tepi pantai dengan alasan faktor keamanan. Pilihan rekreasi yang jauh dari pantai sekaligus lokasi strategis menjadi pilihan, sehingga warga memilih GOR Way Handak.

Sebagai destinasi rekreasi kekinian, area GOR Way Handak memiliki lokasi yang luas untuk bermain, olah raga, bersantai serta sejumlah spot foto kekinian untuk berfoto.

“Bagi anak-anak muda yang menyukai hal-hal unik sebagai objek foto, di area GOR Way Handak disediakan spot foto yang instagramable sekaligus aman dan nyaman bagi anak anak,” terang Ahmad, yang bermain bersama sejumlah kawannya di area GOR Way Handak, Minggu (13/1/2019).

Menurut Ahmad, bagi penghobi olah raga, area GOR Way Handak menyediakan trek untuk lari pagi, olah raga bersepeda hingga bermain basket.

Sejumlah kursi tematik dilengkapi dengan giant letter kekinian, di antaranya mengakomodir kaum muda, membuat area GOR Way Handak layak dijadikan lokasi rekreasi.

Ahmad bahkan mencoba berfoto bersama kawan-kawannya dengan latar belakang tulisan LOVE, yang sekaligus memiliki fungsi estetis serta rambatan bunga warna-warni.

Ahmad juga menyebut, sebagai destinasi kekinian, lokasi GOR Way Handak cukup strategis. Berada di pusat kota Kalianda, area tersebut berada tepat di tepi Jalan Lintas Sumatra Kalianda, Lamsel. Dari kota Kalianda, area tersebut hanya berjarak sekitar lima menit.

Dari akses pintu gerbang Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Sukamarga,  area GOR Way Handak bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar lima belas menit menggunakan kendaraan mobil.

Area GOR Way Handak yang kekinian, juga diakui Dewi (15), warga Kalianda, yang kerap menghabiskan waktu akhir pekan di lokasi tersebut.

Menurut Dewi, di Kalianda satu satunya lokasi luas yang menyediakan area bermain sekaligus fasilitas yang instagramable baru ada di GOR Way Handak. Sejak dibenahi beberapa bulan lalu, meski GOR Way Handak sudah dibangun sejak lima tahun lebih, area tersebut baru-baru ini mulai ramai.

Salah satu spot foto menarik di Area GOR Way Handak Kalianda, Lampung Selatan -Foto: Henk Widi

Dewi menyebut, alasan warga masih trauma untuk berwisata di dekat pantai yang ada di wilayah Kalianda, membuat GOR Way Handak pilihan tepat.

Salah satu spot paling menarik di area tersebut, kata Dewi, yang paling disukai anak-anak, di antaranya lukisan 3 Dimensi atau dikenal lukisan 3D.

Sejumlah lukisan 3D yang ada di antaranya permadani terbang layaknya dalam kisah Aladin, perahu dalam kisah Sinbad, sejumlah air terjun unik dalam kisah film-film petualangan, ikan lumba-lumba, sungai serta tebing. Anak-anak didampingi orang tua juga bisa menyewa becak mini keliling area GOR Way Handak.

“Fasilitas lukisan tiga dimensi menjadi satu spot menarik untuk berfoto,m bisa saya unggah di Facebook dan Instagram,” beber Dewi.

Sejumlah spot foto berlatarbelakang lukisan 3D, lanjut Dewi, juga menjadi spot menarik penghobi fotografi. Selain menggunakan kamera smartphone, sejumlah pengunjung bahkan menjajal kamera DSLR serta penghobi foto aerial menggunakan drone.

Selain objek foto, fasilitas live music yang sedang dibangun kerap menampilkan pertunjukan kesenian pada waktu tertentu. Berbagai pertunjukan kesenian sementara belum digelar untuk perbaikan fasilitas serta suasana sedang berkabung pascatsunami.

Berkembangnya area GOR Way Handak Kalianda sebagai spot kekinian untuk rekreasi, berdampak positif bagi sektor ekonomi. Yanti, salah satu pedagang kuliner yang kerap berjualan di objek wisata kuliner Dermaga Bom Kalianda, mengaku area GOR Way Handak merupakan pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Sebelumnya, ratusan pedagang kuliner berjualan di objek wisata kuliner Dermaga Bom Kalianda, namun fasilitas rusak diterjang tsunami.

Yanti dan sejumlah pedagang kuliner lain berharap, destinasi rekreasi GOR Way Handak akan semakin berkembang. Sebagai lokasi yang kerap dikunjungi warga, terutama pada akhir pekan membuat pedagang kuliner memiliki omzet yang menjanjikan.

Ia berharap, sejumlah iven kesenian serta kebudayaan bisa digelar di area GOR Way Handak Kalianda, sehingga kawasan tersebut semakin dikenal.

Saat sejumlah wisata bahari tengah ditinggalkan pengunjung, destinasi GOR Way Handak menjadi pilihan saat akhir pekan.

Lihat juga...