Gubernur Sumsel: Daging Ternak Harus Lulus Uji Kesehatan

207

PALEMBANG  – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, menegaskan, daging ternak yang beredar di pasar harus lulus uji kesehatan supaya keberadaannya selalu bebas penyakit.

Oleh karena itu, penjual daging di pasar Kota Palembang diminta untuk mengecek secara selektif asal muasal daging yang masuk dari luar daerah, kata Gubernur di Palembang, Jumat.

Bukan itu saja, tetapi juga termasuk asal sapi atau kerbau yang akan dipotong di rumah pemotongan hewan (RPH) harus melewati tahapan pengecekan kesehatan hewan.

Menurut dia, masyarakat luas perlu mendapat pengetahuan tentang asal muasal daging, karena ini terkait dengan kesehatan hewan, termasuk bagaimana pemotongannya.

“Apakah pemotongannya sesuai dengan tata cara Islam atau sudah ada label halalnya, dan itu harus menjadi perhatian,” ujar Gubernur.

Selama ini kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat belum maksimal.

Sehubungan dengan itu, dia menyarankan kepada Wali Kota Palembang untuk membuat tim yang akan memfilter terkait dengan kelayakan daging yang dijual di pasar.

Bila itu dilaksanakan, maka masyarakat tidak dirugikan, selain untuk terus mengoptimalkan penggunaan RPH Modern Gandus.

“Sejauh ini kita nilai pemerintah kota (Pemkot) Palembang telah mampu melaksanakan pemotongan hewan dengan sehat dan halal. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel juga akan membantu pengadaan lokasi RPH agar semakin berkembang dan peredarannya tertata dengan baik.

“Yang jelas daging merupakan salah satu kebutuhan pokok sehingga keberadananya harus selalu segar,” kata Gubernur. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...