Hama Wereng Serang Tanaman Padi di Praya Barat

Editor: Koko Triarko

215

MATARAM – Hama penyakit wereng mulai menyerang sebagian tanaman padi milik petani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Petani pun khawatir, tanaman padinya akan rusak dan terancam gagal panen. Hulil, petani di Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, mengatakan, sudah dua minggu terakhir ini hama wereng menyerang tanaman padinya.

“Hampir sudah dua minggu lalu, hama wereng serang tanaman padi milik petani yang dimulai dari satu-dua batang, kemudian merambat ke batang lain hingga meluas” kata Hulil, Senin (28/1/2019).

Menurutnya, penyemprotan dengan menggunakan berbagai obat pestisida telah dilakukan, tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda hama wereng akan hilang, bahkan hama cenderung terus merambat lebih luas ke tanaman lain.

Akrom, petani lain, mengatakan, hama wereng selama ini memang termasuk jenis hama yang sangat sulit diberantas, sehingga tanaman padi yang sudah terjangkiti biasanya tetap akan rusak, mulai dari daun hingga batang.

“Kalau pun bisa tetap berbunga dan berbuah, tapi tidak banyak dan merata. Satu petak sawah, misalnya, yang biasa menghasilkan lima karung besar padi, kalau terkena hama wereng, paling hanya bisa dapat dua karung,” terang Akrom.

Akrom berharap, hama wereng tidak meluas ke tanaman padi lain yang saat ini masih dalam masa pertumbuhan, dengan terus melakukan penyemprotan obat pestisida.

Pantauan Cendana News, daun dan batang padi milik petani yang diserang hama wereng dipenuhi bintik kehitaman dan mulai sedikit menguning.

Baca Juga
Lihat juga...