hut

Ikan di Jayapura Terkontaminasi Sampah Plastik

Ilustrasi sampah di pantai - Foto: Dokumentasi CDN.

JAYAPURA – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua menyebut, ikan di laut Jayapura terkontaminasi sampah plastik. Oleh karenanya, ikan dari perairan Jayapura tidak baik untuk dikonsumsi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, FX Mote, mengatakan, hal itu disebabkan, masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke laut. Sementara, saat ini penggunaan peralatan berbahan dasar plastik oleh masyarakat masih sangat tinggi. Sedangkan Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano, memiliki program tidak menggunakan kantong plastik ketika berbelanja.

Menurut Mote, ikan bisa bermanfaat dan memiliki gizi yang tinggi, apabila tidak memakan sampah. “Apalagi sudah ditemukan ikan beracun, karena memakan sampah-sampak plastik yang dibuang ke laut, kemudian masyarakat mengonsumsi ikan-ikan tersebut dan pada akhirnya justru bisa menyebabkan penyakit pada manusia,” ujarnya.

Ikan-ikan yang mengandung racun tersebut, belakangan sering ditemukan warga. Oleh karenanya, hal itu membutuhkan perhatikan dan penanganan serius, khususnya dari pihak-pihak terkait. “Sehingga program Wali Kota Jayapura yang mengimbau masyarakat tidak menggunakan kantong plastik juga sangat mendukung program Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua yakni Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan),” kata Mote.

Ke depan, setelah kampanye bersih-bersih pantai digaungkan kembali, harapannya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai dan tidak membuang sampah ke laut dapat meningkat. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!