Jelang Launching, Bupati Banyumas Sidak ke Mal Pelayanan Publik

Editor: Mahadeva

397

PURWOKERTO – Kabupaten Banyumas bakal memiliki mal pelayanan publik, yang akan menjadi pusat pelayanan publik pertama di Jawa Tengah. Mal pelayanan publik tersebut, akan segera di-launching. Peluncuran mal pelayanan publik akan dilakukan pekan depan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Syafrudin.

Sebelum launching, Bupati Banyumas, Achmad Husein, Rabu (2/12/2019), melakukan sidak ke sarana tersebut. Achmad mengatakan, sidak untuk memastikan kesiapan menjelang peluncuran. Serta melihat langsung kinerja para pegawai di mal pelayanan publik. Sebelumnya, mal pelayanan publik sudah soft opening pada 28 Desember 2018, sehingga saat ini, sudah memberikan pelayanan.

ʺSaya sangat puas setelah melihat langsung proses pelayanan di mal pelayanan publik, karena nanti pada 10 Januari, Rabu depan, mal pelayanan publik ini akan di resmikan langsung oleh Menteri PAN-RB. Sehingga saya ingin memastikan semua sudah berjalan dengan baik terlebih dahulu, sebelum peresmian,ʺ tandas Achmad, usai sidak.

Dengan keberadaan mal pelayanan publik, maka pelayanan berbagai macam perizinan, serta pelayanan publik lainnya, harus lebih cepat dan simpel, serta hemat waktu. Sehingga, tidak akan ada lagi keluhan masyarakat, yang merasa di ping-pong, saat mengurus perizinan. Hal ini juga sangat positif bagi pertumbuhan iklim investasi di Kabupaten Banyumas. Mal pelayanan publik Banyumas, berlokasi di Jalan Dr. Angka, Purwokerto. Sarana tersebut, melayani 103 jenis layanan perizinan, mulai dari perizinan yang ditangani Pemkab Banyumas, hingga layanan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenakerjaan.

Koordinator Mal Pelayanan Publik, yang juga Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu, Perizinan Satu Pintu (DPMPPTSP), Herni Sulastri, mengatakan, akan ada sepuluh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bergabung di mal pelayanan publik.

Selain itu, ada tujuh instansi vertikal, serta gerai Pemprov Jateng, yang ikut bergabung di dalamnya. ʺInstansi vertikal tersebut meliputi, Kantor Imigrasi, Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Propinsi Jateng, Polres Banyumas, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Pelayanan Pajak  serta bank pemerintah, ditambah satu gerai Jateng,ʺ terangnya.

Baca Juga
Lihat juga...