Jumlah Penumpang KA di Daop V Naik 5 Persen

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Selama angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru), volume penumpang di wilayah Daop V Purwokerto, mengalami peningkatan signifikan.

Keberangkatan penumpang hingga Selasa (1/1/2019) pagi, sudah mencapai 15.182 orang. Sementara keberangkatan penumpang mulai 20-31 Desember 2018, total mencapai 181.201 orang, atau meningkat lima persen dibanding periode yang sama pada 2017.

Manajer Humas Daop V Purwokerto, Supriyanto, mengatakan, diperkirakan hari ini penambahan jumlah keberangkatan penumpang sampai seribu orang lebih.

Manajer Humas Daop V Purwokerto, Supriyanto -Foto: Hermiana E Effendi

ʺPenumpang yang naik sebanyak 15.182 orang itu kita pantau dari pemesanan tiket hingga pukul 08.00 WIB, kemungkinan hari ini ada penambahan hingga seribuan lebih lagi,ʺ katanya, Selasa (1/1/2019).

Sementara untuk penumpang yang turun, juga mengalami kenaikan. Untuk penumpang yang turun di wilayah Daop V Purwokerto, sebanyak 196.008 orang, meningkat 8 persen dibanding periode tanggal yang sama pada 2017, sebanyak 180.863 orang turun di stasiun-stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto.

Ada sepuluh stasiun di wilayah Daop V, yaitu Stasiun Purwokerto, Slawi, Bumiayu, Cilacap, Sidareja, Kebumen, Gombong, Maos, Kroya dan Stasiun Kutoarjo.

Dari tanggal 20-31 Desember 2018, penumpang turun terbanyak terjadi pada 23 Desember 2018, sebanyak 18.034 orang. Dan, keberangkatan penumpang KA tertinggi terjadi pada 25 Desember 2018, sebanyak 17.163 orang.

Para penumpang tersebut, sebagian besar naik dan turun di Stasiun Purwokerto dan Kutoarjo. Dua stasiun tersebut menyumbang terbanyak keberangkatan dan kedatangan penumpang.

Supriyanto menjelaskan, posko pemantauan angkutan Nataru masih akan berlangsung hingga 6 Januari, sehingga masih berlangsung lima hari lagi.

Dengan demikian, keterlibatan seluruh unsur, baik pekerja PT KAI maupun bantuan keamanan dari TNI/Polri, masih akan berlangsung lima hari ke depan.

Terkait ketersediaan tiket, untuk KA reguler seperti KA Sawunggalih, KA Serayu pagi dan KA Serayu sore, KA Kutojaya Utara dan KA Kutojaya Selatan, untuk tanggal 1-6 Januari sudah habis terjual. Sementara untuk KA tambahan, juga sudah banyak yang habis.

KA Purwojaya tambahan pagi, misalnya, dengan kapasitas 256 premium dan 300 eksekutif, tiket sudah habis. Untuk KA Purwojaya tambahan sore, masih tersedia tiket untuk keberangkatan pada 2 Januari saja, baik untuk kelas eksekutif maupun premium.

Sedangkan KA Kutojaya Utara tambahan pagi dan KA Sawunggalih tambahan, semua tiket sudah ludes terjual.

Lihat juga...