Jurnalis Bekasi Galang Dana untuk Korban Tsunami 

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Jurnalis Bekasi Bersatu (JBB) berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp105.981.500, sebagai bentuk kepedulian atas bencana tsunami di Selat Sunda. Dana tersebut berhasil dikumpulkan selama satu minggu melalui penggalangan dana.

Puncak penggalangan dana tersebut dilakukan bersamaan dengan giat Car Free Day (CFD) di jalan Ahmad Yani, Minggu, (6/1/2019) pagi.

Wartawan yang tergabung di berbagai organisasi, seperti Forum Jurnalis (Forjas) Bekasi, Rukun Jurnalis (Rujuk) Bekasi, dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Bekasi, turun ke berbagai titik untuk melakukan penggalangan dana.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian rekan-rekan jurnalis. Korban terdampak tsunami, terhitung banyak. Karenanya, aksi ini menjadi bentuk riil menyatakan suatu kepedulian,” ujar Ketua Forum Jurnalis Bekasi (Forjas), Boyke Hutapea, Minggu (6/1/2019).

Ketua Rujuk Bekasi, Tonce, menerima sumbangan yang diberikan langsung oleh Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto. -Foto: M Amin

Menurutnya, setiap hari rekan wartawan disibukkan dengan pemberitaan. Bahkan, mereka yang menjadi korban tidak luput dari pemberitaan wartawan. Untuk itu, selayaknya ada empati yang lebih berupa penggalangan dana dari kalangan wartawan sendiri.

Ketua Rukun Jurnalis (Rujuk), Tonche, menambahkan, jurnalis yang baik adalah yang tidak meluputkan perhatian dari sisi sosial.  Dia mengaku sangat miris, bila seseorang yang masih dimampukan secara materi, lalai menolong saudaranya sendiri.

“Hal ini sekaligus merefleksi diri kita, agar tetap sadar, bahwa manusia banyak kelemahan, maka harus saling tolong-menolong,” katanya.

Terselenggaranya acara puncak penggalangan dana ini juga didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Satpol PP, dan Bagian Umum Pemerintah Kota Bekasi.

Di acara CFD, Morezt Dj School dan R&G Music Entertainment pimpinan Edo Cassanova, bersama penyanyi Ariel A3 dan Diaz Furi, mempersembahkan hiburan dalam acara puncak, juga menjadi salah satu suksesi terselenggaranya acara.

Penggalangan dana juga tidak lepas dari peran serta Wali Kota Bekasi serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Bekasi, Yayasan Pancaran Tri Dharma, MKKS SMP Negeri Kota Bekasi, K3S SD Negeri Kota Bekasi.

Juga Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bekasi, Camat Bekasi Utara, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi, Kepala Sekolah SMP Negeri 14 Kota Bekasi, Rumah Makan Margajaya dan Rumah Makan Wulan Sari, turut membantu penggalangan dana tersebut.

Lihat juga...