KA Joglosemarkerto Kembali Menjadi Kamandaka

Editor: Mahadeva

456
 Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto. (FOTO : Hermiana E.Effendi)

PURWOKERTO – Mulai 1 Februari 2019, nama Kereta Api (KA) Joglosemarkerto dikembalikan menjadi KA Kamandaka. Penggantian nama tersebut, dilakukan PT KAI Daop 5 Purwokerto, pertimbangan nama KA Kamandaka lebih melekat di masyarakat dan lebih mudah untuk diingat.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, menjelaskan, KA Kamandaka dulu melayani rute Purwokerto – Semarang dan selalu dipenuhi penumpang. Dalam perkembangannya, KA Kamandaka diganti nama menjadi KA Joglosemarkerto, dengan rute ditambah melalui Tegal, sehingga rutenya Purwokerto – Tegal –Semarang.

ʺKarena masih banyak yang menanyakan KA Kamandaka dan nama tersebut lebih dikenal di masyarakat, maka mulai 1 Februari besok ini, nama KA Kamandaka akan muncul lagi dalam situs pemesanan tiket KA,ʺ jelas Supriyanto, Kamis (31/1/2019).

Namun, munculnya nama KA Kamandaka tersebut, bukan berarti pihak PT KA Daop 5 mengoperasikan rangkaian KA baru. Hanya ada penggantian nama KA yang sudah beroperasi. Untuk rute dan jumlah KA tetap sama. Sebagaimana diketahui, mulai 1 Desember 2018 lalu, PT KAI Daop 5 Purwokerto telah mengintegrasikan KA Joglokerto dan KA Kamandaka dalam satu relasi perjalanan. Kereta api Joglokerto, semula hanya melayani rute Solo-Yogyakarta-Purwokerto PP.

KA Kamandaka, semula melayani Purwokerto-Tegal-Semarang PP. Melalui pengintegrasian kedua KA tersebut, rute perjalanan KA diperpanjang menjadi memutar sebagian wilayah Jateng. Mulai dari Solo-Purwokerto-Tegal- Semarang dan kembali ke Solo. Ada juga KA yang memutar dengan arah berlawanan, yakni dari Solo-Semarang-Tegal-Purwokerto-Yogyakarta dan kembali ke Solo.

”Jadi hanya nama saja yang berubah, tidak ada perubahan jadwal perjalanan KA dan tidak ada perubahan rute. Demikian juga dengan tarif KA dan stasiun-stasiun pemberhentian, semua sama. Nama KA Joglosemarkerto juga tetap ada di situs reservasi, saat KA tersebut melayani rute di luar relasi Purwokerto-Tegal-Semarang,ʺ terang Supriyanto.

Perubahanan nama KA Joglosemarkerto menjadi KA Kamandaka, semata-mata untuk lebih memudahkan masyarakat yang hendak menggunakan KA relasi Purwokerto-Semarang.

Lihat juga...