Kali Item Tercemar, Hindari Limbah Deterjen

Editor: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengecek kondisi Kali Item di samping Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, yang sempat muncul busa tebal.

Menurut Anies, penyebab Kali Item berbusa lantaran banyaknya limbah rumah tangga berasal dari deterjen yang dibuang ke kali itu. Solusi agar Kali Item tidak lagi tercemar limbah deterjen dengan mengendalikan penggunaan deterjen keras yang kerap digunakan oleh warga Jakarta.

“Ketika air dari Danau Sunter itu dipompa dan dimasukkan ke Kali Item, maka limbah sisa deterjen seperti diaduk dan keluar buih (busa) yang amat banyak. Dan itu memang airnya mengandung kadar deterjen yang sangat tinggi,” kata Anies, saat ditemui di Sunter Jaya, Jakarta Utara, Rabu (2/1/2019).

Busa itu, kata Anies, muncul saat pompa mengalirkan air dari Kali Item ke Kali Sentiong. Kandungan limbah deterjen pun teraduk dan membentuk busa.

“Kita lihat bahwa limbah deterjen dari berbagai sumber, khususnya rumah tangga itu sangat luar biasa tinggi,” tuturnya.

Anies menegaskan, airnya mengandung kadar deterjen yang sangat tinggi. Hal ini yang harus ditangani secara komprehensif. “Karena saat ini mau tidak mau kita harus melakukan pemompaan dan itu muncul busanya. Busa itu muncul setiap pompa itu dinyalakan,” ujar Anies.

Untuk itu, dia menegaskan, Kali Item harus harus segera diperbaiki agar tidak lagi menimbulkan busa dan aroma yang tak sedap.

Orang nomor satu di Ibu Kota Jakarta itu juga mengatakan, Pemprov DKI Jakarta tidak bisa berbuat banyak.

Menurut dia, pembuatan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal pun akan berdampak minim karena limbah deterjen bersumber dari rumah tangga. Dia menilai dibutuhkan regulasi tingkat pusat untuk mengatur penggunaan detergen keras.

Lantaran pengelolaan yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta hanya berupa pengendalian di bagian hilir saja. Anies berupaya agar limbah deterjen tidak mencemari lingkungan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu bakal menemui Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita untuk membahas pengendalian deterjen. Sebab, masalah busa yang ditimbulkan di Kali Item tidak akan pernah selesai bila masalah dari hulu tidak diselesaikan.

“Saya akan mengatur untuk bisa bicara dengan menteri perindustrian dan menteri perdagangan agar ada regulasi yang lebih baik  menyangkut deterjen di Indonesia,” ungkap Anies.

Sebelumnya, Anies terlebih dahulu mengecek pintu air menuju Danau Sunter Selatan bagian barat. Dilanjutkan mengecek sejumlah pompa, yang dilanjutkan dengan mengecek Kali Sentiong. Pompa pun dinyalakan ke arah kali hingga menyebabkan air kali berbusa.

Kemudian dia sempat menyalakan pompa tersebut sekitar lima menit, setelah itu dimatikan kembali. Busa yang tadinya terlihat perlahan menghilang. Anies sebelumnya juga meninjau peralatan lain yang ada di stasiun pompa tersebut. Di sana dia melihat aliran air dari Danau Sunter Barat hingga ke Kali Item.

Diberitahukan, busa sempat muncul di Kali Sentiong atau Kali Item sejak Selasa (1/1/2019) kemarin. Busa tebal tersebut menjadi perhatian warga sekitar.

Dalam video yang diunggah tersebut, tampak busa berwarna putih menggumpal di atas permukaan air. Tampak pula bagian busa yang beterbangan.

Lihat juga...