Kapal Fery KM. Sangke Kandas di Pulau Pasir Nagekeo

Editor: Mahadeva

180

MBAY – KMP. Sangke Palangga, yang membawa penumpang  83 orang,  kandas di Pulau Pasir Nagekeo. Kapal kandas di koordinat 08°26’6.84″S – 121°17’49.62″E. Lokasi kandanya kapal di 55,03 Nautical Mile (NM) dan radial 281,55° dari pelabuhan Wuring Maumere.

Kepala kantor SAR Maumere, I Putu Sudayana SE,MAP.Foto : Ebed de Rosary

“Kapal fery KM. Sangke Palangga dengan ABK 22 orang, berangkat dari Pelabuhan Jampea menuju pelabuhan Marapokot Mbay Kabupaten Nagekeo. Kandas di pulau pasir,” sebut Kepala Kantor SAR Maumere, I Putu Sudayana SE, MAP, Jumat (11/1/2019).

Petugas Pos AL Mbay, Kantor SAR Maumere memberangkatkan sebuah Speed Boat Polair Mbay, Kapal KM. Hidayatulah. Tim dilengkapi Palsar air, menuju lokasi untuk mengevakuasi penumpang. “Jam 10.00 WITA, tim gabungan tiba di lokasi dan langsung mengevakuasi penumpang. Namun untuk Nahkoda dan ABK tidak bersedia dievakuasi, karena masih menunggu air pasang,” terangnya.

Tim SAR gabungan, berhasil mengevakuasi seluruh penumpang ke Pelabuhan Marapokot dalam keadaan selamat. Penumpang juga telah dihantar kembali ke kediamannya masing-masing. Humas SAR Maumere, Yudha Kusuma, menjelaskan, penumpang kapal terdiri dari 11 orang anak-anak dan 72 orang dewasa. Jumlah penumpang berdasarkan manifes ada 50 orang.

Namun setelah dievakuasi dan dihitung, jumlahnya ada 83 orang. “Kapal kandas di gosong Pasirita berjarak 5 mil dari dermaga Pelabuhan Marapokot, akibat keluar dari alur pelayaran dan masih dalam penyelidikan pihak Syahbandar Mbay,” terangnya.

Pada saat kejadian, ketinggian gelombang mencapai 0,5 meter dengan kecepatan angin 20 knot. Kondisi cuaca gelap. Kondisi mesin dan perlatan navigasi dalam kondisi baik. “Pada pukul 15.00 WITA, saat air laut pasang KMP. Sangke Palangga akan melaksanakan olah gerak, dibantu KM. Hidayatulah dari SAR Maumere akan coba ditarik agar bisa keluar dari lokasi karam,” ungkapnya.

Baca Juga
Lihat juga...