Kapolda Prediksi, Gangguan KKB di Papua Masih Terjadi di 2019

212
Ilustrasi Polri - Foto: polri.go.id

JAYAPURA – Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin, memprediksi, gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), masih akan terjadi di 2019.

Terutama, gangguan di beberapa wilayah pegunungan tengah. “Untuk kamtibmas 2019, diprediksi gangguan yang dilakukan KKB masih mewarnai, khususnya di wilayah pegunungan tengah,” kata Irjen Pol Sormin, Rabu (2/1/2019).  Mantan Kadiv Propam Mabes Polri itu mengatakan, berbagai upaya sudah dilakukan. Termasuk bernegoisasi dengan kelompok tersebut, agar tidak lagi melakukan ganguan kamtibmas. Namun, hingga kini belum membawa hasil.

Kendati demikian, Irjen Pol Sarmin optimistis, digelarnya pasukan TNI dan Polri di sejumlah kawasan yang dianggap rawan, dapat mengurangi tingkat gangguan. “Penanggung jawab wilayah adalah gubernur dan bupati, karena TNI atau Polri tidak mungkin bertindak tanpa dukungan mereka,” kata tandas Kapolda.

Jenderal berbintang dua yang juga pernah menjabat Kapolda Papua Barat itu mengatakan, pihaknya sudah meminta agar forkopimda, khususnya di Kabupaten untuk diaktifkan lagi. Keberadaanya, dapat difungsikan unutk membahas dan menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di wilayah tersebut. “Forkopimda harus diaktifkan, sehingga berbagai persoalan dapat diatasi bersama,” ujarnya.

Irjen Pol Sarmin tegas menyebut, terhadap KKB akan tetap ditindak penegakan hukum. Diyakini, cepat atau lambat, seluruh anggota KKB dapat ditangkap. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...