Kemendagri Maksimalkan Layanan KTP Elektronik di Empat Provinsi

220

JAYAPURA  – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil saat ini menurunkan tim perekaman KTP elektronik  ke empat provinsi di wilayah timur Indonesia karena hingga kini perekamannya masih rendah.

Kabid Pengelolaan Informasi, Administrasi Kependudukan dan Pengelolaan Data, Dinas Sosial Papua, Iskandar Rahman,  di Jayapura, Selasa menyatakan, empat provinsi yang menjadi sasaran yaitu Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Dikatakan, khusus untuk Papua, dari data yang terhimpun hingga Oktober 2018, baru tercatat 1.298.986 orang yang melakukan perekaman.

Jumlah tersebut masih rendah karena di bawah 40 persen sehingga melalui program yang dicanangkan Dirjen Dukcapil tercatat 10 kabupaten di Papua yang masuk dalam kegiatan perekaman.

Sepuluh kabupaten yang masuk dalam kegiatan tersebut yaitu Kabupaten Jayawijaya, Lanny Jaya, Yalimo, Tolikara, Paniai, Puncak, Puncak Jaya, Deiyai, Dogiay dan Kabupaten Mamberamo Tengah.

Iskandar mengatakan, perekaman itu akan dilaksanakan hingga tanggal 2 Februari 2019 dan diutamakan di kampung-kampung serta dilakukan secara offline mengingat banyak kecamatan dan kampung di Papua yang belum terkoneksi internet.

Dari data yang diperoleh jumlah penduduk Papua tercatat sekitar 4,3 juta. (Ant)

Lihat juga...