Kemensos Turunkan Tim Psikososial ke Sulsel

233
Pendampingan Psikososial korban bencana - DOK CDN

MAKASSAR – Kementerian Sosial menurunkan tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) ke Sulawesi Selatan. Diharapkan tim dapat membantu mengurangi trauma korban bencana banjir, longsor dan angin kencang di daerah tersebut.

“Sebanyak 12 petugas diturunkan, terdiri dari tim LDP pusat, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TLSK), pendamping PKH dan pekerja sosial, untuk memberikan dukungan psikososial,” kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat, di Makassar, Sulsel, Minggu (27/1/2019).

Layanan dukungan psikososial diberikan di posko yang terintegrasi dengan dapur umum lapangan. Keberadaanya menyebar ke titik pengungsian lain. Rata-rata dihadiri 100 hingga 300 pengungsi anak-anak maupun ibu-ibu. Pos utama LDP ada di pos Masjid Manggali, Gowa dan Posko induk kantor BPBD Kabupaten Kepulauan Selayar. Layanan psikososial yang diberikan, berupa konseling, penyembuhan trauma, intervensi krisis dan pemberian motivasi hidup.

Bagi anak-anak diberikan terapi bermain, seperti sulap, game dan lainnya. Selain itu juga diberikan motivasi kepada anak-anak untuk belajar kembali. Tim Kemensos juga melakukan terapi spiritual lewat pengajian dan istighatsah serta meditasi di lokasi pengungsian.

Sebelumnya, Kementerian Sosial telah menyalurkan bantuan tanggap darurat berupa logistik kepada korban bencana senilai Rp1,42 miliar. Jumlah tersebut meningkat menjadi Rp2,67 miliar dengan rincian, bantuan logistik Rp555 juta santunan ahli waris dan Rp700 juta untuk peralatan lingkungan pengungsian. Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang melanda wilayah Sulawesi Selatan.

Data sementara mencatat 53 kecamatan di 12 kabupaten kota di Sulawesi Selatan mengalami banjir, longsor dan angin kencang. Data yang dihimpun hingga Sabtu (26/1/2019) pukul 12.00 WIB, tercatat 54 orang meninggal dunia, 25 orang hilang dan 6.757 orang mengungsi serta 2.694 unit rumah hanyut terendam banjir.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan meninjau lokasi bencana pada Minggu (27/1/2019) didampingi Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan sejumlah pejabat lainnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...