Korem Wijayakusuma Produksi Pupuk Organik Wijayakusuma Nutrition

Editor: Mahadeva

423

BANYUMAS – Korem 071/Wijayakusuma, berinovasi membuat pupuk organik. Menggandeng ahli pertanian, produksi pupuk organik tersebut diberi label Wijayakusuma Nutrition.

Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kav Dani Wardhana. (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kav Dani Wardhana, mengatakan, pihaknya berkomitmen mendukung agenda pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan. Khusus di Korem Wijayakusuma, diusung konsep back to nature.  Tak hanya ramah lingkungan, pupuk yang diproduksi, juga mempercepat pertumbuhan tanaman dan meningkatkan hasil pertanian.

ʺKita berinovasi, menyesuaikan perkembangan pola konsumsi masyarakat. Masyarakat sekarang ini sudah selektif, dan banyak yang menganut pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan sehat. Sehingga produk-produk hasil pertanian yang alami, bebas dari residu bahan kimia menjadi pilihan masyarakat. Korem Wijayakusuma menangkap peluang tersebut dan dengan menggandeng ahli pertanian. Kita produksi pupuk ramah lingkungan untuk menjawab kebutuhan petani,ʺ terang Danrem, Rabu (30/1/2019).

Pupuk Wijayakusuma Nutrition, diklaim mampu mempercepat pertumbuhan tanaman, meningkatkan hasil panen, serta menjaga kesuburan tanah. Pupuk berbentuk cair tersebut, bisa digunakan pada berbagai macam tanaman. Tanaman buah-buahan, seperti jambu, mangga, jeruk, melon maupun tanaman sayur dan padi, bisa memanfaatkannya.

Hasil produsi tanaman organik, sekarang banyak diburu dan secara ekonomis juga mempunyai nilai lebih besar. Sehingga, bisa meningkatkan pendapatan petani. Karena itu, Korem 071/Wijayakusuma terus berupaya untuk menyosialisasikan produk tersebut.

Sebagai langkah awal, pupuk organik tersebut didistribukan kepada seluruh jajaran Kodim yang berada di wilayah Korem 071/Wijayakusuma. Pupuk dipergunakan untuk memelihara tanaman-tanaman di lingkungan masing-masing Kodim. Sebagian pupuk juga diberikan kepada petani yang ada di sekitar Kodim. ʺKita berikan contoh nyata dengan penggunaan pupuk di lingkungan semua Kodim, dan setelah itu, petani juga kita edukasi terkait cara penggunaan pupuk serta manfaat dari pupuk organik tersebut,ʺ tandas Dani.

Dani mengintruksikan, semua jajaran Kodim mendampingi petani di wilayahnya, sampai mereka paham cara penggunaan pupuk Wijayakusuma Nutrtion. Termasuki mengerti konsep pertanian organik. Hal itu, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Baca Juga
Lihat juga...