KSU Derami Padang Asuransikan Anggotanya

Editor: Koko Triarko

Manajer Tabur Puja Padang, Margono Okta/ Foto: M. Noli Hendra

PADANG – Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Padang, Sumatra Barat, mengasuransikan anggotanya ke salah satu lembaga asuransi milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jasindo.

Manajer Tabur Puja Padang, Margono Okta, yang merupakan unit usaha di KSU Derami Padang, mengatakan, tujuan utama perlu diasuransikan itu untuk mengurangi risiko kerugian, baik dari risiko anggota, maupun dari koperasi. Bila ada persoalan yang dihadapi anggota, maka klaim dari pihak asuransi.

“Kita telah mengasuransikan anggota koperasi kita yang jumlahnya 672 orang. Kita telah mulai sejak September 2018, lalu. Memang belum semua anggota yang diasuransikan di Jasindo cabang Padang, karena ada beberapa persoalan,” katanya, ketika dihubungi via pesan singkat, Sabtu (5/1/2019).

Menurutnya, dengan kondisi anggota koperasi yang kebanyakan masyarakat kurang mampu,  yang benar-benar dibina dan diharapkan mampu menjadi keluarga yang memiliki kondisi ekonomi yang memadai, maka sudah seharusnya mengarahkan anggota untuk mendaftar dan mendapatkan perlindungan asuransi.

Meno, panggilan akrab manajer muda ini, menyebutkan, sebelum memilih asuransi ke Jasindo, KSU Derami Padang juga telah melakukan hal sama, tapi di lembaga asuransi yang berbeda. Di sana, juga cukup banyak anggota yang dulu menjadi nasabahnya.

“Sebelum ke Jasindo, kita telah melakukan hal yang sama. Tapi ada persoalan, yakni klaim asuransi menyulitkan nasabah. Dengan kondisi yang demikian, KSU Derami beralih ke lembaga asuransi lainnya, yakni Jasindo,” ucapnya.

Menurutnya, di lembaga asuransi sebelumnya bisa dibilang membuat rugi anggota. Karena ada kejadian meninggalnya salah seorang anggota yang merupakan anggota telah terjamin asuransi, ketika di klaim, tidak kunjung cair.

“Kami di koperasi kesal dengan pihak asuransi itu. Bahkan, dua tahun lebih, klaim juga tidak kunjung dibayarkan. Maka, kami pindah ke pihak asuransi yang lebih terjamin,” ujarnya.

Meno melihat, Jasindo akan mampu menjadi jaminan bagi anggota koperasi, dibanding dengan lembaga asuransi sebelumnya. Jasindo itu karena selain merupakan perusahaan BUMN, juga telah menjamin dalam bentuk asuransi kepada masyarakat, seperti petani, nelayan, dan dalam bentuk usaha lainnya.

KSU Derami Padang berharap, dengan adanya asuransi dari Jasindo, benar-benar memberikan perlindungan yang baik kepada anggota koperasi, khususnya, dan tidak seperti lembaga asuransi sebelumnya.

Meno menyatakan, ke depan KSU Derami Padang akan berupaya menambah anggota koperasi untuk tergabung dalam asuransi Jasindo. Selain itu, bagi yang telah tergabung dengan lembaga asuransi lainnya, juga akan dialihkan ke Jasindo.

“Kalau secara keseluruhan, anggota koperasi kita 2.560 lebih. Sejauh ini bisa dikatakan baru sebagian kecil yang telah mendapatkan perlindungan asuransi. Nah, supaya semuanya bisa terjamin asuransi, kita upayakan ke depan terdaftar,” harapnya.

Lihat juga...