Layanan Paspor Simpatik, Masyarakat Manado Respon Positif

234

MANADO  – Masyarakat memberikan respon positif pelaksanaan “Layanan Paspor Simpatik” yang dilakukan Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi Manado, dalam rangka Hari Bakti Imigrasi (HBI) 2019.

“Masyarakat begitu antusias dalam pengurusan paspor pada saat pelaksanaan Layanan Paspor Simpatik itu,” kata Kepala Kanim Manado, Friece Sumolang, di Manado, Jumat.

Dalam menyambut HBI, Kanim Manado melaksanakan Layanan Paspor Simpatik setiap Sabtu, pada tanggal 5, 12, dan 19 Januari 2019.

Program itu, kata dia, mendapatkan sambutan baik. Hal itu, terbukti dengan cukup banyak warga memanfaatkan pelayanan pengurusan paspor pada hari-hari tersebut.

“Banyak pekerja yang memanfaatkan waktu libur tersebut untuk mengurus paspor baru dan memperpanjang paspor atau penggantian paspor yang sudah habis masa berlaku,” kata Sumolang.

Pelaksanaannya, kata dia, dengan sistem “walk in” atau datang langsung tanpa harus melakukan pendaftaran melalui dalam jaringan.

Bahkan, kata dia, pada waktu Layanan Paspor Simpatik itu, Kanim Manado juga membuka pelayanan untuk perpanjangan izin tinggal orang asing.

“Jika kanim lainnya tidak melaksanakan perpanjangan izin tinggal, tapi Kanim Manado melakukannya,” kata dia.

Berdasarkan data, pengurusan paspor di Kanim Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi Manado pada 2018 mengalami peningkatan sekitar 1,92 persen dibandingkan dengan pada 2017.

Sejak Januari hingga Desember 2018 tercatat 14.210 paspor diterbitkan, sedangkan selama 2017 tercatat 13.942 paspor atau meningkat 268 paspor, atau sekitar 1,92 persen.  (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...