Libas Burton, Manchester City ke Final Carabao Cup

Editor: Makmun Hidayat

195

BURTON  — Manchester City mengunci tiket final Carabao Cup setelah mengemas kemenangan tipis 1-0 pada leg kedua semifinal kontra Burton Albion di Pirelli Stadium, Kamis pagi. Meski begitu The Citizen unggul agregat sangat telak 10-0.

City menunjukkan kapasitasnya sebagai juara bertahan kompetisi kasta kertinggi di Inggris dengan menghancurkan Burton yang bermain di League One dengan skor 9-0 di pertemuan pertama. Namun Burton yang bertindak sebagai tuan rumah patut berbangga karena hanya kebobolan satu gol di depan pendukungnya sendiri.

Sebiji gol Manchester City disumbangkan Sergio Aguero di menit 26 dan menggaransi tiket final. Skuad asuhan kini menanti calon lawan antara Tottenham Hotspur atau Chelsea yang akan bertanding nanti malam. Final bakal digelar di Wembley pada 24 Februari mendatang.

Burton yang sudah kebobolan di menit sembilan pada leg pertama, tampil cukup apik di laga kedua. Dua peluang emas yang dihasilkan Riyad Mahrez terbuang percuma. Tembakan pertamanya masih melebar dan tembakan keduanya juga meleset.

Masuk menit 14, tuan rumah memberi ancaman bagi tim tamu, namun peluang yang lahir dari eksekusi bola mati belum berhasil membuahkan gol. City kembali menunjukkan dominasinya. Kevin De Bruyne mengirim bola untuk Mahrez yang mengembalikan si kulit bundar pada Aguero. Bola dikonversi menjadi gol tanpa kesulitan.

Yang terjadi di Etihad tidak kembali terulang di Pirelli Stadium. Alih-alih menambah gol, tim tamu nyaris kebobolan. Beruntung tembakan Will Millner masih melebar dari gawang City. Kiper City juga nyaris melakukan kesalahan fatal saat berada dalam tekanan.

Usai jeda, Burton kembali membuka peluang melalui tembakan jarak jauh David Templeton. Tapi laga selanjutnya berlngsung dengan pertunjukan yang sangat familiar, di mana Manchester City menguasai ball possession. Fabian Delph nyaris menggandakan keunggulan City namun ia gagal memaksimalkan umpan silang Danilo.

Sergio Aguero juga membuang peluang emas yang dimilikinya, meski dalam prosesnya rekaman VAR menunjukkan ia telah lebih dulu terperangkap offside. Meski melahirkan sejumlah peluang namun hingga laga berakhir skor tetap bertahan 1-0 untuk keunggulan City.

Baca Juga
Lihat juga...