Liverpool Tersingkir dari Piala FA

INGGRIS — Liverpool menelan kekalahan lagi setelah catatan tak terkalahkan mereka di Liga Inggris terhenti tengah pekan lalu, kini mereka disingkirkan dari Piala FA setelah takluk 1-2 melawan Wolverhampton dalam laga putaran ketiga di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris, Selasa pagi WIB.

Liverpool hanya bisa membalas lewat gol Divock Origi sedangkan gawang mereka dikoyak oleh Raul Jimenez dan Ruben Neves, demikian catatan pertandingan laman resmi FA.

Akibatnya, Liverpool menyusul sejumlah tim Liga Inggris lainnya yang langkahnya terhenti di Piala FA seperti Bournemouth, Cardiff City, Huddersfield Town, Fulham dan Leicester City.

Sedangkan Wolverhampton menyusul sebagian besar tim Liga Inggris ke putaran keempat termasuk Manchester City, Chelsea, Manchester United, Arsenal dan Everton.

Liverpool seolah memasuki pertandingan tanpa hasrat untuk meraih kemenangan lantaran Juergen Klopp melakukan sembilan pergantian pemain termasuk memberikan debut untuk Rafael Camacho di sektor bek kanan saat tendangan mula.

Namun ia dipaksa memberikan kesempatan kepada bek muda berusia 16 tahun 11 bulan 20 hari, Ki-Jana Hoever, saat Dejan Lovren menderita cedera saat laga baru berjalan lima menit.

Kendati menguasai lebih dari 60 persen pengendalian bola sepanjang babak pertama, Liverpool tak sekalipun melakukan tembakan ke gawang.

Tuan rumah berhasil memimpin pada menit ke-38 lewat gol Jimenez. Berawal dari umpan balik James Milner kepada Fabinho yang berhasil dipotong Diogo Jota, bola diteruskan kepada Jimenez yang berlari bebas tanpa kawalan di sisi kanan sebelum merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan terarah ke area tiang jauh.

Usai turun minum, Klopp tetap bersikukuh tak melakukan pergantian pemain untuk menambah daya gedor Liverpool.

Namun pada menit ke-51 Origi sukses menyamakan kedudukan lewat tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti menyelesaikan sebuah bangunan serangan yang tak teratur rapih.

Sayangnya, skor imbang tak bertahan lama dan Wolverhampton merestorasi keunggulan mereka ketika Neves membalas juga melalui tendangan dari luar kotak penalti yang tak terjangkau oleh kiper Simon Mignolet.

Liverpool berjibaku untuk menyamakan kedudukan dan memperoleh peluang penting ketika Daniel Sturridge dilanggar tak jauh dari kotak penalti pada menit ke-69.

Xherdan Shaqiri yang menghadapi bola melepaskan tendangan bebas terarah namun kiper John Ruddy sempat menyentuh bola sebelum membentur mistar gawang dan hanya berbuah lemparan ke dalam.

Kedudukan 1-2 akhirnya membuat Klopp menurunkan Mohamed Salah dan Roberto Firmino pada menit ke-70, masing-masing menggantikan Sturridge dan Curtis Jones.

Semenjak keduanya masuk, Liverpool memang lebih bergairah di sepertiga akhir lapangan, namun waktu 20 menit ditambah masa injury time tak cukup untuk membayar ketumpulan yang diperlihatkan selama 70 menit sebelumnya.

Skor 2-1 bagi kemenangan Wolverhampton bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi di Molineux.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi FA: Timnas Wolverhampton (3-1-4-2) terdiri John Ruddy, Ryan Bennett, Conor Coady, Willy Boly, Jonny Castro (Matt Doherty), Leander Dendoncker, Ruben Neves, Ruben Vinagre, Joao Moutinho, Raul Jimenez (Helder Costa), Diogo Jota (Ivan Cavaleiro), dan pelatih Nuno Espirito Santo.

Sementara timnas Liverpool (4-3-3) terdiri Simon Mignolet, Rafael Camacho, Dejan Lovren (Ki-Jana Hoever), Fabinho, Alberto Moreno, Curtis Jones (Roberto Firmino), James Milner, Naby Keita, Xherdan Shaqiri, Daniel Sturridge (Mohamed Salah), Divock Origi, dengan pelatih Juergen Klopp. (Ant)

Lihat juga...