Lurah Lokea-Flotim Ciptakan Sistem Permudah Pelayanan Publik

Editor: Koko Triarko

462

LARANTUKA – Untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, Lurah Lokea menciptakan sebuah sistem atau aplikasi Frontline SMS atau SMS Gateway, sehingga masyarakat semakin terbantu dan lebih praktis mengurus berbagai keperluan administrasi.

“Sejak 2017,  kami membuat sistem informasi kelurahan namanya Frontline SMS atau SMS Gateway. Sistem ini membantu masyarakat terkait informasi apa saja melalui sms ke server,” kata Lurah Lokea, Kabupaten Flores Timur, Petrus Ignatius Diaz, Sabtu (12/1/2019).

Kantor Kelurahan Lokea, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur. -Foto: Ebed de Rosary

Menurut Us, sapaan karibnya, Sistem Informasi Frontline ini mudah dimengerti dan simpel. Hanya dengan memasukkan kata kunci layanan menggunakan huruf besar yang dibutuhkan, lalu kirim sms ke nomor telepon genggam yang ditentukan.

“Secara otomatis, masyarakat akan mendapatkan pelayanan informasi yang dibutuhkan. Misalnya, untuk membuat KTP, maka ketik kata kunci KTP, lalu sms ke nomor tujuan. Maka, semua informasi akan dikirimkan melalui sms secara otomatis,” ungkapnya.

Berbagai pelayanan kemasyarakatan dilakukan melalui sistem ini. Ada 11 layanan, seperti pembuatan KTP, akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, pindah penduduk masuk, pindah penduduk keluar, keterangan kematian, surat keterangan lainnya, Anggur Merah, Gerbang Emas, serta informasi umum mengenai kelurahan.

“Tahun ini kami sudah membuat terobosan baru pengurusan akta kematian dan akta kelahiran. Jadi, saat ada warga yang meninggal, kami langsung mengurus akta kematian dan Kartu Keluarga baru, bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Flotim dan satu hari langsung jadi,” paparnya.

Penyerahan akta kematian dan KK baru, kata Us, telah dilakukan dan mendapat apresiasi warga. Saat ada doa terakhir, pihak kelurahan meminta waktu lima menit untuk langsung menyerahkan kepada pihak keluarga.

“Ini sudah kami buat kemarin, saat ada warga yang meninggal. Banyak respons baik dari kelurga maupun yang hadir malam itu, termasuk Camat Larantuka. Camat waktu apel awal tahun, memberikan apresiasi ke kelurahan Lokea, dan meminta semua Lurah melakukan hal yang sama seperti yang kami lakukan,” kata Us.

Aloysia da Santo, warga Kelurahan Lokea yang orang tuanya meninggal baru-baru ini, dan telah mendapatkan pelayanan tersebut, mengaku memberikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan Lurah Lokea yang sangat membantu masyarakat.

“Kami sangat mendukung apa yang dilakukan, dan terobosan ini sangat bermanfaat bagi warga, terutama warga yang sedang mengalami kedukaan, sehingga tidak sempat mengurus berbagai administrasi,” ungkapnya.

Yanto Koten, warga Kelurahan Lokea sekaligus Ketua PPS Kelurahan Lokea, mengakui apa yang dilakukan aparat pemerintah kelurahan Lokea, terutama Pak Lurah, sangat membantu sekali, terkait adiministrasi kependudukan.

“Saya sangat mendukung langkah ini, karena melihat kesadaran warga dalam mengurus akta kematian masih cukup rendah. Ini tentunya akan berdampak pada  data penduduk dan data pemilih yag diturunkn KPU,” sebutnya.

Ini penting, kata Yanto. Sebab, bila warga tidak mengurus akta kematian, maka orang yang sudah meninggal pun, akan tetap termuat dalam data base di Dispendcapil dan data pemilih.

Selain terobosan tersebut, kelurahan Lokea pun pada 2018, juga meraih berbagai prestasi, seperti juara 2 lomba kelurahan tingkat kabupaten Flotim, serta juara 1 lomba posyadu tingkat kecamatan dan kabupaten.

Selain itu, anak-anak Lokea pun meraih juara dalam bidang olah raga, dengan menyabet juara 2 pertandingan sepak bola U14 (14 tahun) Menpora Cup seri Provinsi NTT di Kupang.

Baca Juga
Lihat juga...