Mampu Kurangi Sampah, Balikpapan Kembali Raih Adipura

Editor: Satmoko Budi Santoso

272

BALIKPAPAN – Tahun 2019 ini, Kota Balikpapan kembali meraih penghargaan Adipura dan dua penghargaan lingkungan lainnya.

Dua penghargaan di bidang lingkungan tersebut yaitu penghargaan kinerja pengurangan sampah, dan plakat adipura TPA terbaik di Indonesia.

Penghargaan ini menjadi apresiasi dalam kategori kinerja pengurangan sampah dan pengelolaan tempat pembuangan akhir terbaik. Kendati tahun ini gugur memperoleh Adipura Kencana, perolehan adipura tahun ini tetap memberikan semangat dalam bidang lingkungan dan untuk melakukan inovasi.

“Saya menyadari tahun kemarin memang permasalahan sampah sangat banyak terjadi. Juga permasalahan lingkungan. Mulai penumpukan sampah di lokasi pemukiman, di bibir pantai, juga di gorong-gorong yang akhirnya menyebabkan penyumbatan aliran air,” kata Rizal Effendi, selaku Wali Kota Balikpapan, Senin (14/1/2019).

Dengan kondisi itu, maka menjadi motivasi bagi pemerintah kota Balikpapan untuk meningkatkan kembali perhatian juga kesadaran warga kota akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada warga dan petugas kebersihan yang selalu menjaga kebersihan kota.

“Terima kasih untuk para petugas kebersihan yang selalu sigap dalam keadaan apa pun, membersihkan kota ini. Insyaallah tahun depan kita rebut kembali Adipura Kencana,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Suryanto, mengungkapkan, tahun ini yang memperoleh Adipura Kencana adalah Surabaya. Sebelumnya, Balikpapan sempat dinominasikan namun gugur.

“Namun tetap bersyukur karena tahun ini Balikpapan mendapat tiga penghargaan sekaligus,” ucap Suryanto.

Ia juga memohon kepada warga Balikpapan, khususnya anak muda, untuk memberikan sumbangsih inovasi terbaru di bidang lingkungan, sehingga Balikpapan bisa meraih kembali Adipura Kencana di tahun mendatang.

“Kota Surabaya memiliki inovasi yang banyak, dan sering mendapat penghargaan dari luar negeri. Inovasi itulah yang kami harapkan dari warga Balikpapan, khususnya generasi muda,” harap Suryanto.

Untuk diketahui, penghargaan adipura diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Indonesia RI,  Jusuf Kalla bersama Menteri Lingkungan Hidup, Dr. Ir. Siti Nurbaya, hari ini (14/1), di Jakarta.

Baca Juga
Lihat juga...