Maret 2019, CPNS Baru Mulai Bekerja

Ilustrasi - Dok. BKN

BATAM – Sebanyak 353 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, yang baru saja dinyatakan lulus seleksi, direncanakan mulai bekerja pada awal Maret 2019.

“Kalau SK sudah terbit di akhir Februari, maka TMT (Terhitung Mulai Tugas) 1 Maret sudah mulai kerja,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia Pemerintah Kota Batam, Muhammad Syahir, Senin (7/1/2019).

Pemkot Batam mengumpulkan seluruh CPNS yang telah dinyatakan lulus seleksi, untuk mendapatkan pengarahan berbagai hal teknis. Seluruh CPNS diminta untuk melengkapi kembali berkas persyaratan, seperti surat pernyataan tidak pernah dihukum, bebas dari narkoba, dan SKCK.

Meskipun, seluruh berkas itu sudah pernah dikumpulkan saat mengajukan lamaran pertama kali. Sesuai aturan dokumen tersebut diminta kembali. “Hanya teknis di dalam melengkapi berkas yang menurut kami sudah mereka siapkan. Tapi untuk diperbarui,” tandasnya.

Seluruh dokumen harus sudah diterima di BKDSDM Batam, pada 21 Januari 2019. “Walaupun mereka semua sudah lulus tes SKD dan SKB, namun bila tidak memenuhi syarat dokumen, bisa menggugurkan. Itu keputusan Kemen PAN,” tambahnya.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Batam, Jefriden, mengharapkan,seluruh CPNS sudah mulai bekerja di Maret mendatang. Hal tersebut, sesuai dengan tahapan yang sudah direncanakan BKDSDM. “Hari ini mereka dikumpulkan untuk pengarahan,” tandasnya.

Tahapan seleksi CPNS yang berakhir pada Desember 2018 menyisakan 10 formasi kosong. Dari 363 lowongan yang dibuka, jumlah yang lolos tes hanya 353 orang. “Nanti akan dibuka jalur P3K,” kata pria yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendapatan Daerah Pemerintah Kota Batam itu. (Ant)

Lihat juga...